HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Adelaide, Dua Pekerja Disambar Petir

0 16

HARIANACEH.co.id, Adelaide — Seorang pekerja alat pengangkat material atau crane di Adelaide, Australia Selatan, tersengat listrik saat menyalakan mesin yang sedang dipakainya, ketika badai melewati kota itu di siang hari Kamis, (27/7/2017).

Menurut sekretaris Serikat Pekerja Konstruksi, Kehutanan, Tambang dan Energi (CFMEU) di negara bagian Australia Selatan, yakni Aaron Cartledge, pria berusia 50-an tahun itu berada di sebuah konstruksi gedung di Franklin Street, ketika diyakini aliran listrik (yang berasal dari badai) merambat melewati rantai yang digunakan untuk membantu mengoperasikan mesin tersebut.

Stormy skies at Henley Beach this morning…

A post shared by Kelly Noble (@kellynoble) on

Cartledge mengatakan bahwa pekerja crane itu telah keluar dari rumah sakit, tapi ia sangat beruntung bisa selamat.

“Ia tak langsung tersengat listrik, crane-nya yang tersengat dan alat itu mengalihkan beberapa voltase listrik ke kabel menuju rantai dan lalu ke operator crane yang tergantung pada rantai tersebut,” kata Cartledge.

Sementara itu, seorang pria lainnya juga dilarikan ke rumah sakit setelah petir menghantam lempeng logam di jalanan, dekat tempat ia bekerja di Marion, Australia Selatan.

Dinas Ambulans negara bagian Australia Selatan mengatakan, pria berusia 30-an tahun itu tak terkena secara langsung, namun paramedis sempat menstabilkannya di tempat kejadian, di Marion pinggiran selatan Adelaide, dan ia dibawa ke Pusat Medis Flinders terdekat untuk perawatan lebih lanjut.

Awan horizontal yang menyertai badai petir yang melanda Adelaide, Kamis (27/7/2017) pagi. (Twitter: Bureau of Meteorology)
Awan horizontal yang menyertai badai petir yang melanda Adelaide, Kamis (27/7/2017) pagi. (Twitter: Bureau of Meteorology)

 

Ribuan rumah di beberapa pinggiran barat dan selatan Adelaide mengalami pemadaman listrik saat badai melanda.

Angin kencang melanda Adelaide, dengan kecepatan 78 km/jam yang tercatat di wilayah Outer Harbor, pinggiran barat laut, dan 83 km/jam di wilayah Minlaton di Yorke Peninsula, sebelah barat Adelaide.

Selama sore hari, curah hujan setebal 1mm dan 3mm turun di Adelaide, tapi ada beberapa curah hujan yang lebih berat yang tercatat di selatan Adelaide.

Hujan yang lebih deras tercatat di bagian tenggara atas dan tenggara bawah, dengan wilayah Mount Gambier mengalami hujan setebal 10.4mm, lalu wilayah Robe 11.8mm dan wilayah Coonawarra 13.2mm.

Sebagian besar wilayah Adelaide tadinya bermandikan sinar matahari musim dingin sampai tiba-tiba badai datang.

Biro Prakiraan Cuaca setempat mengatakan bahwa awan tak lazim yang menyertai badai di ketinggian langit dikenal sebagai awan horizontal. (Detik.com)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat