HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemkab Jember Raih Sertifikat Adipura

0 4

HARIANACEH.co.id, Jember  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mendapat Sertifikat Adipura atas keberhasilannya dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan kawasan kota. Pelaksanaan program Bank Sampah menjadi salah satu pendorong diraihnya penghargaan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember, Arismaya Parahita mengatakan, penghargaan sertifikat Adipura akan diberikan kepada Bupati Jember dr Faida pada 2 Agustus mendatang.

“Undangan sudah diterima Bupati Jember Bu Faida. InsyaAllah beliau akan hadir. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan semua berjalan lancar,” kata Arismaya, Jumat (28/7/2017).

Sertifikat Adipura itu, sambung Arismaya, menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah kabupaten dan masyarakat Jember. Pasalnya, penghargaan ini baru bisa diraih setelah penantian panjang selama 23 tahun. Oleh karena itu, dia sangat mengapresiasi peran aktif masyarakat sehingga penghargaan dalam bidang lingkungan itu bisa diraih.

“Dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), Bupati berkomitmen untuk serius menangani masalah kebersihan dan lingkungan. Dan ini mendapat dukungan serius dari masyarakat. Alhamdulilah sekarang ini hasilnya mulai tampak,” kata Arismaya.

Salah satu bentuk partisipasi aktif masyarakat itu, yakni antusiasme warga dalam mendukung program Bank Sampah. “Berawal dari kebijakan bupati bahwa pengelolaan sampah harus dimulai dari tempat asal sampah, maka program Bank Sampah ini kita lakukan. Ternyata dukungan dari masyarakat sangat luar biasa,” jelas Arismaya.

Apalagi, lanjut dia, sampah di Jember mencapai 1.300 ton per hari. Sedangkan yang mampu dikelola pemkab Jember baru separuhnya. Oleh karena itu, peran aktif masyarakat dalam mengelola sampah sangat diperlukan.

Dalam program Bank Sampah ini, masyarakat secara mandiri melakukan pengumpulan sampah di sejumlah titik. Sampah itu ditimbang, lalu dikumpulkan. “Ada harganya. Sebab sampah-sampah itu nantinya akan dijual kembali ke sejumlah pengepul yang ada di dekat depo sampah yang kita sediakan,” kata Arismaya.

Sehingga, selain bertujuan menjaga kebersihan lingkungan, Bank Sampah ini juga memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat. Ada nilai ekonimis yang bisa dinikmati warga dari pengumpulan sampah ini.

“Jadi ada dua hal yang bisa kita capai. Pertama, kebersihan lingkungan terjaga. Kedua, ada pemasukan tambahan warga,” pungkas Arismaya. (Detiknews)

loading...