HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Taruna Akpol, Anak Jendral Tersingkir Dari Seleksi

Foto: Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Arief Sulistyanto (detikcom)
0 52

HARIANACEH.co.id, Jakarta – Polri berkomitmen untuk melakukan reformasi di berbagai bidang. Di sektor Sumber Daya Manusia, transparansi dilakukan dalam proses rekrutmen Taruna Akademi Polisi untuk tahun ajaran 2017.

Proses seleksi Taruna Akpol 2017 masih berlangsung. Pada Jumat (28/7) hari ini, digelar sidang kelulusan tahap II (uji jasmani dan anthropometri).

Ada dua orang calon taruna yang tak lolos dalam seleksi ini. Salah satunya berasal dari wilayah pengiriman Polda NTT dan satunya lagi Polda Papua.

Foto: Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Arief Sulistyanto (detikcom)
Foto: Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Arief Sulistyanto (detikcom)

Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Arief Sulistyanto yang hadir dalam sidang ini menyatakan proses seleksi ini digelar secara terang benderang. Mereka yang tidak lolos, memang terbukti tidak memenuhi syarat. Ada bukti lengkap mengenai proses seleksi ini yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Yang menentukan di sini adalah kalian sendiri. Seleksi digelar secara transparan. Bukan orang lain. Bukan orang tua, paman atau kerabat kalian,” kata Arief dalam sambutannya di Kompleks Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah.

Arief mengungkap salah satu calon taruna yang tidak lolos tersebut merupakan putra dari rekan sekantornya di bagian SDM Polri. Namun seperti yang disampaikannya di awal, proses seleksi ini digelar secara terang benderang.

“Salah satu calon taruna yang gugur itu adalah teman saya sendiri. Satu kantor dengan saya. Bapaknya seorang brigadir jenderal,” kata mantan Kapolda Kalimantan Barat ini.

“Ini merupakan salah satu bentuk dari reformasi Polri,” sambung Arief.

Beberapa saat sebelum sidang pengumuman dimulai, Arief menggelar forum sidang kecil dengan panitia seleksi. Dalam sidang itu, Arief menyatakan apapun hasil yang didapatkan panitia, selama itu didapatkan dengan cara transparan, akan didukungnya.

“Kita melakukan reformasi Polri. Kita harus objektif. Karena ini menyangkut dengan nasib calon taruna. Saya akan jaga rekan-rekan, selama itu memang sesuai prosedur. Selama itu clean and clear,” kata Arief.

Foto: Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Arief Sulistyanto (detik.com)
Foto: Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Arief Sulistyanto (detik.com)

Kompolnas Mengapresiasi

Sekretaris Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Bekto Suprapto juga hadir dalam sidang pengumuman ini. Purnawirawan polisi bintang dua ini mengapresiasi transparansi rekrutmen yang dilakukan Arief dan panitia seleksi.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia pusat karena menggelar proses seleksi yang begitu transparan dan terbuka. Begitu terang benderang,” kata Bekto dalam sambutannya.

Kepada para calon taruna, Bekto mengingatkan nasib mereka hanya bergantung kepada mereka sendiri. Tidak ada faktor dari luar yang bisa mengintervensi proses seleksi.

“Yang disampaikan Pak Arief tadi benar. Yang bisa menolong kalian itu adalah kalian sendiri,” kata Bekto. (Detik.com)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat