HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bertemu Duta Besar Qatar, Irwandi Tawarkan Bandara SIM

Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (11/7/2017).(KOMPAS.com)
0 31

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menawarkan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar sebagai bandara penghubung atau “hub port” kepada Pemerintah Qatar.

Gubernur menawarkan hal itu dalam pertemuan dengan Duta Besar Qatar untuk Indonesia di Jakarta, Kamis (27/7). “Saya kemudian diminta menyampaikan usulan tersebut dengan kelengkapan data pendukung. Selanjutnya Dubes Qatar akan menyampaikan tawaran itu kepada pemerintahnya di Doha,” kata Irwandi Yusuf.

Menurut Irwandi, Bandara SIM adalah bandara yang sangat strategis sebagai penghubung dari Eropa dan Timur Tengah. Selama ini peran itu dimainkan oleh Bandara Doha dan membuat Pelabuhan Doha sangat sibuk.

“Nah saya menawarkan Aceh dijadikan Pelabuhan transit, karena sangat memungkinkan, mengingat letaknya strategis,” ujar gubernur.

Ia mengatakan penerbangan dari Indonesia ke Eropa saat ini selalu transit di Qatar. Tapi kondisi mutakhir jadwal transit di Doha sudah sangat padat.

Irwandi menganggap, Aceh bisa memainkan peran strategis sebagai pelabuhan transit atau pelabuhan pendukung lalulintas penerbangan internasional, seperti dari Eropa ke Australia.

Kawasan Blang Bintang juga masih dimungkinkan dibangun karena lahannya sangat luas. “Bukan hanya pelabuhan pendukung, melainkan juga sebagai tempat food security atau pengamanan pangan bagi Qatar,” lanjut Irwandi. Qatar saat ini sedang mengalami isolasi dari sejumlah negara Teluk akibat krisis politik antarnegara tetangga. (Serambi)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat