HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Derby Tanah Rencong di Stadion H Dimurthala

0 1

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Tuan rumah Persiraja akan menjamu PSBL Langsa dalam lanjutan kompetisi Liga 2 musim 2017, di Stadion H Dimurthala, Lampineung, nanti malam.

Derby Tanah Rencong dipastikan menarik dan ketat. Terlebih, kubu kedua tim sama-sama menyimpan keyakinan keluar sebagai pemenang. Tak ayal, perseturuan Lantak Laju dan Elang Biru layak ditonton publik sepakbola Aceh.

Seperti diketahui, pada pertemuan pertama di Stadion Kota Langsa, Persiraja sukses menahan imbang tuan rumah 1-1. Gol Husnuzhon di menit 35 melalui eksekusi penalti. Sementara gol balasan dicetak Farizal Dillah. Namun, derby tersebut harus dibayar mahal Lantak Laju.

Enam punggawanya cedera berat. Buktinya, Farizal Dillah usai duel panas tersebut mengalami cedera yang belum juga pulih. Jujur saja, musim lalu, mantan pemain Semen Padang dan Persegres mampu tampil sebagai mesin gol Persiraja. Kini, hari-hari harus dilalui dengan latihan ringan di pinggir lapangan.

Ketatnya pertandingan di leg pertama juga membuat kubu Persiraja dijatuhi hukuman oleh Komisi Disiplin. Ya, Komdis mempersalahkan Laskar Rencong akibat berlebihan memprotes. Protes keras terpaksa dilakukan Vivi Asrizal dkk menyusul hukuman penalti dari pengadil. Padahal, pemain Persirajamenilai benturan itu terjadi di luar kotak penalti.

Seakan belum cukup. Drama 90 menit kemudian berlanjut ketika sang wasit mengusir center-bek Persiraja, M Hidayat. Sementara Langsa harus kehilangan Heriansyah Putra akibat memprotes wasit secara berlebihan. Boleh jadi, drama persaingan dua klub Aceh di level divisi utama kembali terbuka nanti malam.

Sebagai tuan rumah, besutan Anwar-Akhyar Ilyas-Wahyu AW-Sisgiardi memiliki modal untuk menjamu Elang Biru. Ya, Muhammad Fani Aulia, Agus Suhendar, Khairunnas, Lutfhi Fauzi Hamdan, dan Hidayat mampu membawa pulang satu angka dari kandang PS Timah Babel. Lantak Laju harus puas bermain draw 1-1. Padahal gol Fani Aulia sempat bertahan hingga menit 87.

Sementara kubu PSBL Langsa juga datang ke gelanggang dengan modal kemenangan kandang. Ya, Zulbara dkk sukses menang 2-0 atas tim Pro Duta FC Jakarta. Sayangnya, tiga hari lalu, Pro Duta lewat pemilik Sihar Sitorus mengumunkan pengunduran diri dari Liga 2. Boleh jadi, itulah duel terakhir Kuda Pegasus–julukan Pro Duta–ketika jumpa Langsa.

Nuansa duel kedua tim Aceh ini akan berubah. Di masing-masing kubu telah terjadi sejumlah perubahan. Untuk putaran kedua ini, skuadra Persiraja merekrut tiga pemain anyar yakni Yosua Pahabol, Ponda Dwi Saputra, dan Irsyad Habib. Trio baru ini langsung mengawali debut di kandang PS Timah Babel.

Kondisi serupa juga dialami PSBL Langsa. Mereka juga mengontrak sejumlah amunisi baru seperti Ismail Haris, Mukhlisi Azis, dan juru latih, Iwan Setiawan. Mereka juga sudah mengawali debutnya ketika menang atas Pro Duta yang akhirnya mengundurkan diri dari Liga 2.

Pelatih Persiraja, Anwar secara terbuka menyatakan, sebagai tuan rumah tentu saja mereka akan bekerja keras. Bagi Persiraja, tiap pertandingan menjadi final. Untuk itulah, ia sudah menginstrusikan pemainnya agar bermain konsisten. “Soal pemain, kita akan melihat kondisi terakhir. Kita tak akan diperkuat Ferry Komul yang cedera lutut,” katanya.

Asisten Pelatih PSBL Langsa, Kurnia Khalid mengatakan, semua pemain siap menghadapi Persiraja. Meski bertindak sebagai tamu, Elang Biru tetap memasang target menang. “Kita harus mampu meraih satu atau tiga angka, untuk mengamankan posisi di klasemen. Jika tidak kita sulit lolos ke putaran kedua,” ujarnya.

Susunan Pemain

PERSIRAJA – Rahmanuddin, Rafsanjani, M Hidayat, Khairunnas, Agus Suhendar, Mukhlis Nakata, Lutfhi Fauzi Hamdan, Munandar/Khunaifi,
Yosua Pahabol, Fadhil Ibrahim

PSBL LANGSA – Zulbahra, Feri Sistianto, Firdaus Ramadhan, Heriansyah Putra, Kiki Hrisandi, Fajrullah, Muklisin Azis Hutagalung, Sandi Putra Wijaya, Yusrizal Muzzaki, Ismail Haris, Muhammad Renggur

Sumber: Serambi

loading...