HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gunung Ujeun Kembali Diserbu Para Pemburu Emas

0 1

HARIANACEH.co.id, CALANG — Para pemburu batu emas kembali menyerbu Gunung Ujeun di kawasan Geuni Desa Panggong, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya. Para pencari emas tersebut rata-rata pemain lama yang kembali menggali lubang untuk mendapat batu yang mengandung emas di kawasan itu.

“Untuk saat ini pekerja di kawasan Gunung Ujeun itu sudah mencapai 500 orang lebih yang sebelumnya hanya tinggal puluhan orang saja, karena sebagian telah beralih pada batu giok dan bangkrut,” kata Zulkifli Aksa (Yah Dun), Ketua Pembina Gunung Ujeun, Aceh Jaya menjawab Serambi, Jumat (28/7) di Calang.

Ia menambahkan, kedatangan para pemburu emas itu karena bebatuan di kawasan itu kembali diduga kembali mengeluarkan hasil. Kondisi ini mendorong warga kembali ramai berktivitas menggalian batu emas yang sebelumnya sempat sepi. Disebutkan, kedalaman galian lubang dalam upaya mendapatkan batu emas saat ini mencapai 10-100 meter bahkan lebih.

Namun ada juga warga yang tidak menggali, namun ia mendapatkan juga emas tersebut dari batu yang ada diatas pengunungan yang mereka kumpulkan. Dijelaskan, batu-batu yang didapatkan itu lalu digiling dengan mesin perontok batu atau gelondongan di kawasan Krueng Sabee dan sekitarnya.

Dari penggilingan tersebut masyarakat dapat mengetahui hasil yang mereka peroleh. Ada yang memperoleh satu hingga tiga gram dalam satu goni batu. Terkadang juga tidak ada sama sekali. (Serambi)

 

loading...