HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Bahayanya Kemiskinan Menurut Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan saat berpidato di Universitas Negeri Surabaya. (Foto: MTVN/Pelangi Karismakristi)
0 36

HARIANACEH.co.id, Malang — Ketua MPR Zulkifli Hasan prihatin dengan tingginya angka kemiskinan di negeri ini. Sebagian besar adalah petani dan masyarakat desa.

“Orang miskin itu akses terhadap pendidikan dan kesehatan rendah. Kemiskinan berbahaya dan harus menjadi perhatian kita,” kata Zulkifli Hasan saat berpidato di Universitas Negeri Surabaya, Jumat 28 Juli 2017.

Kemisikinan, menurutnya, bisa menimbulkan radikalisme. Mereka menjadi tak berdaya, seolah tidak punya harapan.

“Ini berbahaya, dan itu tantangan kita (untuk mengentaskan) menggunakan ekonomi Pancasila. Kalau ada orang kelaparan, tidak bisa mengenyam pendidikan, tidak bisa berobat ke rumah sakit, itu berarti negara melanggar konstitusi,” kata dia menekankan.

Dalam UUD NRI 1945 telah disebutkan bahwa negara wajib melindungi bangsa Indonesia, tumpah darah, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mensejahterakan kehidupan bangsa.

“Jadi tugas negara telah bersumpah untuk menjaga rakyatnya. Jadi sekali lagi kalau ada orang mati kelaparan, negara melanggar konstitusi, bukan hanya individu saja yang melanggar, tapi negara,” imbuh politikus PAN ini.

Terakhir, dia berpesan kepada mahasiswa Unesa agar selalu bersungguh-sungguh dalam meraih cita-cita. Jangan sampai mereka menjadi kuli di negeri sendiri.

“Anak muda harus kreatif, inovatif untuk bisa menghadapi persaingan global. Jangan sampai kalau sudah lulus kuliah tidak bisa bekeja di negeri sendiri, sementara banyak pekerja dari Tiongkok,” pungkas Zulkifli. (mtvn)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat