HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kuning Telur Sama Berbahaya dengan Merokok?

0 22

HARIANACEH.co.id — Kuning telur kebanyakan memiliki penggemar lebih banyak daripada bagian putihnya.Konon, kuning telur ini menyimpan nutrisi dan gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, tahukah kamu, jika kamu makan bagian kuning ini ternyata sama buruknya dengan merokok

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Dr. David Spence, menunjukkan jika mengonsumsi kuning telur akan meningkatkan aterosklerosis dengan cara yang mirip merokok, dilansir dari Knowridge.

Dengan meneliti lebih dari 1200 pasien, Spence menemukan makan kuning telur secara teratur, dua pertiganya bisa meningkatkan penumpuakn plak karotid.

Hal ini akan dengan mudah menyebabkan risiko stroke dan sakit jantung.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Atherosclerosis.

Atherosclerosis atau penyakit arteri koroner adalah kelainan pada arteri dimana plak diperparah oleh kolesterol yang terbentuk di dinding bagian dalam.

Pecahnya plak adalah penyebab serangan jantung yang paling umum, berdasarkan 1231 pasien pria dan wanita di London Health Sciences Centre’s University Hospital.

Mereka yang makan tiga atau lebih kuning telur dalam seminggu akan memiliki area plak yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang makan dua atau lebih sedikit per minggunya.

“Sudah lama diketahui asupan kolesterol tinggi dalam kuning telur, meningkatkan risiko serangan jantung. Bagi para penderita diabetes, satu telur sehari bisa berisiko koroner sebanyak 2-5 kali liat,” kata Spence, seorang profesor neurologi di Schulich School of Medicine & Dentistry di Western.

Jadi, bagi penderita diabetes dan yang memiliki riwayat penyakit jantung, lebih baik kurangi makan kuning telur, ya. 

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time