HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pasukan ISIS Mengklaim Telah Melakukan Serangan Mematikan di Suriah

0 4

HARIANACEH.co.id, Beirut — Pasukan ISIS mengklaim telah melakukan serangan mematikan terhadap pasukan yang didukung Amerika Serikat (AS) di Suriah. Serangan tersebut menewaskan dan melukai banyak pejuang dan warga sipil.

AP melansir serangan tersebut terjadi di dekat kota utara Raqqa, ibukota de facto kelompok ISIS pada Kamis waktu setempat. Tempat tersebu menjadi kawasan pertempuran pasukan Suriah yang didukung AS melawan para ekstremis ISIS.

Pasukan Demokrat Suriah telah merebut wilayah dari ISIS di Suriah utara sejak akhir tahun lalu. Pasukan yang didukung oleh AS meluncurkan sebuah serangan untuk merebut kota Raqqa pada tanggal 6 Juni.

Pertempuran baru-baru ini terkonsentrasi di dalam kota namun ISIS melakukan serangan mendadak di sebuah desa yang berjarak sekitar 17 kilometer dari Raqqa.

Kantor berita Aamaq mengatakan bahwa serangan tersebut menewaskan 53 anggota Pasukan Pertahanan Suriah (SDF) dan merusak dua kendaraan lapis baja. Dalam keterangan tersebut ditambahkan, pejuang IS kembali ke markas mereka dengan selamat sesudah serangan.

Juru bicara SDF yang didukung AS, Nisreen Abdullah mengatakan bahwa ISIS telah melakukan serangan terhadap SDF. Namun, Nisreen dengan tegas membantah banyaknya korban yang diberitakan oleh Aamaq.

“Daesh berusaha untuk meningkatkan moral para pejuangnya. Daesh menghadapi keruntuhan,” kata Abdullah sebagaimana dilansir AP, Sabtu 29 Juli 2017.

Rami Abdurrahman, yang memimpin observatorium Suriah mengatakan, pasukan ISIS menggunakan sepeda motor dalam serangan tersebut. Dia mengatakan bahwa mereka mampu membunuh dan menculik puluhan pejuang SDF dan warga sipil.

Sementara itu, di dekat ibu kota Suriah di Damaskus, anggota kelompok yang terkait dengan Al-Qaeda melepaskan tembakan ke arah demonstran yang menuntut agar kelompok garis keras meninggalkan daerah Ghouta timur.

loading...