HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

BPKH Diminta Presiden Jokowi Untuk Cermat Mengelola Dana Haji

0 21

HARIANACEH.co.id —¬†Presiden Joko Widodo meminta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) cermat mengelola penggunaan dana haji. Menurut Jokowi, dana umat tak masalah dikelola selama dengan penuh kehati-hatian.

“Yang penting jangan bertentangan dengan peraturan undangan,” tegas Jokowi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu 30 Juli 2017.

Jokowi mengingatkan, penggunaan dana haji harus bijak dan dikalkulasikan manfaat bagi umat ke depannya. Banyak pilihan mengelola dana haji selain digunakan membangun insfratruktur.

“Silakan mau dipakai untuk infrastruktur. Saya hanya memberikan contoh loh. Untuk sukuk silakan, ditaruh di Bank Syariah, bisnis syariah, macam-macam banyak sekali,” jelas bekas Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi meyakinkan dana haji yang jumlahnya besar itu akan memberikan manfaat bagi umat muslim jika dikelola ke sektor-sektor tersebut. Namun, BPKH harus teliti mengkalkulasikannya.

“Untuk keumatan yang lain, untuk negara, itu saya kira baik. Hal itu perlu dikalkulasi, perlu dihitung yang cermat,” ucap dia.

Jajaran BPKH resmi dilantik Presiden di Istana Negara, Rabu 26 Juli 2017. Presiden menyebut dana haji yang mencapai Rp90 triliun merupakan salah satu potensi sangat besar untuk dimanfaatkan pemerintah.

Ia ingin dana tersebut ‘ditanam’ ke proyek pembangunan nasional yang memberikan keuntungan negara.

“Kalau (dana haji disimpan di) jalan tol, pelabuhan, airport, enggak akan ada ruginya. Dan itu sudah saya sampaikan agar dana haji kita berikan peluang untuk dananya di taruh yang enak-enak saja, yang enak-enak ditaruh, yang risiko jangan, karena ini dana umat, hati-hati,” ucap Jokowi, beberapa waktu lalu.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat