HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Buka Musda KNPI Aceh, Irwandi Titip Pesan Kepada Calon Ketua Terpilih

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf bersama Ketua DPP KNPI Pusat, Muhammad Rifai Darus, ditemani Ketua DPD I KNPI Aceh, Jamaluddin, ST memukul rapai, bertanda dimulainya Musda KNPI Aceh ke XIII di Anjong Mon Mata, Sabtu (29/7). (Foto M.Jais Rambong)
0 43

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf titip pesan kepada calon Ketua KNPI yang terpilih nantinya, yaitu lanjutkan apa yang sudah dilakukan kepengurusan sekarang, manfaatkan informasi teknologi (IT), berantas narkoba, hindari budaya malas dan jadikan KNPI garda terdepan dalam pembinaan pemuda di Aceh, sehingga terealisasinya Aceh Carong dan Aceh Kaya.

Hal itu dikatakan Irwandi Yusuf saat menghadiri dan sekaligus membuka acara Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Aceh ke XIII di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Sabtu malam, 29 Juli 2017.

Irwandi yang hadir ditemani istrinya, Darwati A Gani dalam sambutannya sebelum menitipkan pesan kepada calon ketua terpilih nantinya, akui kalau dirinya pada periode pertama menjabat gubernur Aceh 2007-2012 tidak pernah sekalipun hadiri acara KNPI Aceh. “Periode pertama saya menjabat gubernur Aceh, tidak pernah sekalipun hadir dalam acara KNPI,  mungkin saya gak diundang atau juga saya wakilkan. Mungkin gak diundang kali ya,” ujar Irwandi disambut galak tawa ratusan undangan dan peserta Musda.

Dalam pesannya, Mantan Juru Propaganda GAM ini mengatakan, Pemuda Aceh dapat melibatkan diri dalam peranan pembangun Aceh. “Pemuda mempunyai peranan penting dalam pembangunan Aceh ke depan, yaitu, dalam hal pembinaan, kewirausahaan, budaya dan informasi teknologi, juga dalam hal agama,” tutur Irwandi.

Pesannya lagi, lanjut Irwandi, teruskan apa yang sudah dijalankan atau dikerjakan oleh pengurus sebelumnya dan harus ada yang lebih baik dari sekarang. “Apa yang sudah dilakukan pengurus Jamaluddin sekarang mesti dilanjutkan dan untuk pengurus kedepan juga harus lebih baik dari apa yang dilakukan pengurus sekarang,” katanya.

Selanjutnya, Irwandi menambahkan, untuk calon ketua KNPI ke depan mesti konsen pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, juga kita tidak boleh takut kepada budaya luar dan juga jangan fanatik ke budaya kita, namun mesti memproteksi setiap budaya yang masuk ke daerah kita.

“Hindari budaya negatif bagi pemuda kita,  seperti sifat malas, sikap individualis dan terlibat narkoba,” tekan Irwandi.

Narkoba, lanjut Irwandi, merupakan ancaman masa depan pemuda dan merusak generasi. ” Narkoba ancaman masa depan bagi pemuda dan generasi suatu bangsa. Karena umumnya pengguna narkoba adalah kalangan pemuda, kalau kita tidak mencegahnya maka generasi muda akan rontok dan teler,” ujar Irwandi.

Sambungya lagi, Ulama Aceh harus melakukan musyakarah agar memberikan hukuman kepada para bandar dan pengguna narkoba, juga KNPI Aceh mesti pro aktif bersama-sama dengan pemerintah lakukan upaya penangkalan terhadap narkoba.

Pergeseran budaya, tambah Irwandi, juga akan mempengaruhi pemuda kita,  dan arah budaya yang dianut pemuda sekarang ini bersifat individualitis. “Budaya individualitis merebak kepada pemuda Aceh sekarang ini, ini mesti diarahkan untuk lebih bertoleransim karena karakter masyarakat Aceh jiwa sosial dan solidaritasnya begitu tinggi,” tutur Irwandi.

Gubernur Aceh juga berharap agar KNPI menjadi pendobrak dalam masalah tersebut dan KNPI garda terdepan dalam pembinaan pemuda di Aceh agar terealisasinya Aceh Carong dan Aceh Kaya yaitu dalam gerakan pemuda progresif.

“Semoga KNPI dan pemuda Aceh dapat memperkuat hubungan dengan pemerintah,” pinta Irwandi.

Untuk momen kongres KNPI nasional ke 15 yang dilaksanakan di Aceh pada bulan Oktober 2018, agar dimanfaatkan sebenar-benarnya dan semaksimal mungkin. “Kongres KNPI Nasional ini harus betul-betul kita manfaatkan dan kalau perlu kita tiru kongres KNPI di Papua agar ada pemuda Aceh yang menjadi ketua KNPI nasional nantinya,” pungkas Irwandi Yusuf yang diamini ratusan peserta undangan.

Terakhir, Irwandi Yusuf mengucapakn selamat bermusda, santunlah dan berdemokrasilah secara damai dalam bermusda.

Musda KNPI Aceh ke XIII juga turut dihadiri Ketua Umum DPP KNPI Pusat, Muhammad Rifai Darus beserta Sekjennya dan beberapa pengurus DPP KNPI lainnya. []

Komentar
Sedang Loading...
Memuat