HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Apa itu trypophobia? Ini Penjelasan Ilmuwan

0 10

HARIANACEH.co.id, Jakarta  Model ternama Kendall Jenner membagikan informasi personal yang mengejutkan mengenai dirinya. Melalui website pribadinya, Kendall mengungkapkan dirinya menderita trypophobia.

Apa itu trypophobia? Trypophobia merupakan sebuah ketakutan pada pola-pola tidak beraturan dan sekelompok lubang atau rongga.

“Semua orang yang mengenalku pasti tahu bahwa aku memiliki trypophobia yang sangat parah. Trypophobia adalah ketakutan terhadap lubang-lubang kecil atau pola-pola aneh,” tulis Kendall dalam blognya.

Kendall mengatakan ia, misalnya, takut pada pancakes, sarang lebah, atau –yang lebih parah– kepala teratai! Hal ini memang terdengar aneh, tetapi banyak orang sebenarnya memiliki ketakutan serupa. “Aku bahkan tidak bisa melihat lubang-lubang kecil, hal tersebut membuatku sangat khawatir. Siapa yang tau ada apa di dalam sana kan?” Tulis Kendall.

Pertanyaannya, siapa yang mengetahui ada apa dengan lubang-lubang kecil tersebut? Kendall seharusnya dapat lebih santai, lagipula trypophobia belum menjadi istilah formal yang diakui sebagai salah satu penyakit mental. Jadi, sebenarnya hal yang banyak terjadi.

Menurut Live Science, Geoff Cole, seorang psikolog di University of Essex, trypophobia adalah salah satu phobia yang paling sering terjadi, tetapi tidak pernah disadari atau diketahui. Setidaknya 16 persen dari populasi manusia di bumi mengalami mengalami trypophobia.

Meskipun tidak ada penyebab resmi dari rasa takut itu, sebuah teori mengatakan bahwa secara alamiah, ketakutan terhadap binatang beracun dapat berkontribusi pada munculnya trypophobia.

“Kami rasa semua orang memiliki tendensi untuk mengalami trypophobia walaupun bisa saja mereka tidak sadar pada hal tersebut,” Kata Cole. “Kita memiliki kecendrungan alamiah untuk khawatir pada hal-hal yang dapat merugikan atau mengancam kita.”

Sama seperti jenis phobia lainnya, menyembuhkan ketakutan tak beralasan seringkali tidak mudah. Akan tetapi, penderita trypophobia bisa mencoba terapi prilaku kognitif.

Terapi ini dapat digunakan untuk membantu penderita mengubah pikiran tertentu terhadap pola. Terapi ini dapat membantu penderita untuk menyadari bahwa ketakutan yang mereka alami hanya ada dalam imaginasi mereka saja.

Usaha penyembuhan lain yang dapat penderita trypophobia coba adalah terapi prilaku, konseling, dan hipnotis. (Pojoksatu)

loading...