HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Arab Saudi Bangun Resort Mewah Dari Penghasilan Minyak Seret

0 4

 HARIANACEH.co.id, Riyadh – Arab Saudi meluncurkan proyek pengembangan pariwisata skala besar yang akan mengubah 50 pulau di Laut Merah menjadi resor-resor mewah. Langkah ini merupakan upaya diversifikasi ekonomi Saudi di tengah anjloknya harga minyak.

Seperti dikutip dari theaustralian.com.au pada Rabu (2/8/2017), sebuah brosur yang mengiklankan Proyek Laut Merah menawarkan pemandangan terumbu karang asli, gunung berapi, dan cagar alam kepada para wisatawan. Disebutkan pula bahwa suhu rata-rata sepanjang tahun di kawasan itu 30 derajat Celcius.

Selain itu, dalam brosur tersebut digambarkan bahwa wilayah itu merupakan “tujuan wisata mewah yang indah, dengan pulau-pulau, alam, dan budaya, menetapkan standar baru untuk pembangunan berkelanjutan dan memosisikan Saudi dalam peta pariwisata global”.

Wisatawan asing juga dapat berkunjung ke Madain Saleh yang merupakan situs warisan, di samping melakukan sejumlah aktivitas lainnya seperti terjun payung, trekking, dan panjat tebing.

Adapun BBC melansir, pembangunan akan dimulai pada tahun 2019. Tahap awal meliputi pengembangan sebuah bandara, sejumlah hotel, dan penginapan mewah. Diperkirakan, pembangunan akan selesai pada 2022.

Proyek Laut Merah yang akan dibangun di sepanjang 200 kilometer garis pantai barat Saudi merupakan bagian dari rencana reformasi ekonomi yang dikenal sebagai Visi 2030. Rencana ini dipelopori oleh Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman.

Arab Saudi merupakan negara muslim yang konservatif di mana alkohol dan bioskop dilarang. Kaum perempuan di sana terikat sejumlah peraturan ketat di mana mereka tidak diizinkan menyetir dan wajib keluar rumah dengan mengenakan abaya.

loading...