HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Meksiko, Bahan Radioaktif Berbahaya Dicuri

Ilustrasi
0 30

HARIANACEH.co.id, Meksiko – Pemerintah Meksiko mengeluarkan peringatan setelah kawanan pencuri melarikan sebagian peralatan riset akademik yang mengandung bahan radioaktif berbahaya.

Kepala layanan darurat nasional Meksiko, Luis Felipe Puente pada Rabu waktu setempat mengatakan bahwa pencurian bahan radioaktif itu telah memicu peringatan di lima negara bagian Meksiko; Nuevo Leon, Tamaulipas, San Luis Potosi, Zacatecas dan Coahuila.

Puente mendorong orang-orang yang memiliki informasi tentang bahan curian tersebut untuk menghubungi pihak berwenang.

Pencuri melarikan densometer nuklir dari belakang sebuah truk di tempat parkir pusat perbelanjaan di Kota Monterrey ketika sopir beristirahat untuk makan di restoran cepat saji.

Peralatan yang digunakan untuk mengukur kepadatan tanah merupakan milik departemen teknik sipil Universitas Nuevo Leon.

Seperti dilansir Reuters, bahan radioaktif tersebut mengandung cesium 137 dan americium-beryllium.

Pihak berwenang mengatakan bahwa materi tersebut menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Warga diperingatkan untuk tidak menyentuh atau mendekati peralatan, dan perimeter keamanan dianjurkan berjarak 30 meter.

Sedikitnya 7 peralatan publik mengandung bahan radioaktif dicuri sejak 2013 di Meksiko, negara yang dengan angka kejahatan tinggi dan gerombolan penjahat yang sulit diberantas.

Bahan radioaktif yang dicuri atau hilang terakhir kali dilaporkan otoritas Meksiko pada April 2017. Sejauh ini, semua peralatan itu berhasil ditemukan kembali. (Tempo)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat