HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

16 Pemberontak Al Houthi Tewas Dalam Pertempuran di Yaman

0 1

HARIANACEH.co.id, SANAA – Sebuah pertempuran terjadi di Yaman, sedikitnya 16 pemberontak Al Houthi tewas dalam perang yang berkecamuk di negara itu, pada Jumat (4/8).

Pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi bersama melawan pemberontak Al-Houthi, dan menewaskan delapan orang.

Menurut kator berita Yaman, Tentara Yaman, yang didukung Arab Saudi, telah merebut kembali atas lokasi militer penting di sana, tambah kantor berita tersebut.

Sementara itu di Provinsi Shabwa, jejaring Kementerian Pertahanan sebagaimana dikutip Xinhua, melaporkan delapan pemberontak Al-Houthi tewas saat serangan udara oleh koalisi pimpinan Arab Saudi.

Pada Jumat pagi, pasukan pro-Al-Houthi mengumumkan bahwa sejumlah rudal balistik ditembakkan ke arah posisi tentara Yaman, yang didukung Arab Saudi, di Provinsi Taiz di Yaman Barat.

Pemerintah Yaman, yang didukung militer Arab Saudi selama bertahun-tahun telah memerangi gerilyawan Syiah Al-Houthi

Pemberontak Al Houthi diyakini didukung oleh Iran dalam perebutan kekuasaan di negeri itu.

Pada Maret 2015, koalisi militer Arab, pimpinan Arab Saudi, memberlakukan blokadi laut dan udara guna mencegah senjata sampai ke gerilyawan Al-Houthi.

Mereka telah menyerbu Ibu Kota Yaman, Sanaa, dan merebut sebagian besar wilayah provinsi di Yaman Utara.

Data statistik memperlihatkan lebih dari 10.000 orang, kebanyakan dari mereka warga sipil, telah tewas sejak koalisi pimpinan Arab Saudi pada 2015.

Negara Arab itu juga menderita akibat wabah kolera terbesar di dunia, dengan sebanyak 5.000 kasus dilaporkan setiap hari. (Pojoksatu)

loading...