HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Presiden Amerika Menarik Diri dari Perjanjian Iklim Paris

Donald Trump (HuffPost)
0 21

HARIANACEH.co.id, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuat notifikasi tertulis yang berisi niatannya untuk menarik diri dari perjanjian iklim Paris 2015.

“Hari ini, Amerika Serikat mengirim komunikasi untuk PBB dalam kapasitasnya sebagai penyimpan untuk Perjanjian Paris Mengenai maksud AS untuk menarik diri dari Perjanjian Paris sesegera mungkin,” kata Kementerian Luar Negeri AS.

Sejalan dengan pemberitahuan ke PBB, Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington akan Tetap dalam proses pembicaraan mengenai iklim.

“Amerika Serikat akan terus berpartisipasi dalam pertemuan dan negosiasi perubahan iklim internasional demi melindungi kepentingan AS dan memastikan semua pilihan kebijakan masa depan tetap terbuka,” sambung pernyataan tersebut seperti dimuat BBC.

Namun demikian, proses penarikan diri akan memakan waktu hingga 4 November 2019, atau setahun sebelum masa jabatan Trump habis, yakni 2020.

Bila ia tidak kembali terpilih dalam pemilu selanjutnya, maka presiden yang akan datang bisa membuat kebijakan baru untuk tetap menarik diri dari perjanjian tersebut atau kembali bergabung.

Trump sendiri kerap menunjukkan sikap tidak sejalan dengan kampanye perubahan iklim. Pada saat kampanye presiden tahun lalu, ia pernah menyebut bahwa perubahan iklim hanyalah hoaks atau berita palsu.

Bulan Juni lalu ia juga telah mengumumkan niatnya untuk menarik AS dari perjanjian tersebut.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat