HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Rakor Sinkronisasi Program Peternakan Tingkat Provinsi Aceh di Takengon

0 16

HARIANACEH.co.id, TAKENGON Rapat Koordinasi (rakor) sinkronisasi program pembangunan Peternakan Tingkat Provinsi Aceh tahun 2018 dibuka di Hotel Bayu Hill Takengon, Aceh Tengah, Sabtu (5/8).

Rakor berlangsung tiga hari, 4-6 Agustus 2017, dibuka Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara dihadiri Kadis Peternakan Aceh Drh Zulyazaini Yahya MSc, Kadis Pertanian Aceh Tengah Drh Rahmandi MSi dan sejumlah pejabat di jajaran Dinas Peternakan Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh.

“Rakor ini momentum awal untuk bersama membangun peternakan Aceh kedepan lebih baik, kita bukan hanya berupaya meningkatkan swasembada pangan, namun kedaulatan pangan juga harus kita upayakan,” ujar Kadis Peternakan Aceh, Zulyazaini.

Disebutkan Zulyazaini rakor itu yang pertama dilakukan setelah nomenklatur Dinas Peternakan Aceh berubah nama yang sebelumnya bernama Dinas Kesehatan Hewan.

Menurutnya pembangunan peternakan memiliki peran strategis untuk mendukung program nasional yaitu meningkatkan ketahanan pangan.

“Saat ini kita perlu memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan swasembada pangan, sehingga kedaulatan pangan juga dapat terwujud kedepan,” tambahnya.

Sementara Wabup Khairul Asmara mengapresiasi dipilihnya kota Takengon menjadi tempat pelaksanaan rakor peternakan se-Aceh.

Digambarkan hampir seluruh wilayah di Aceh Tengah merupakan daerah pertanian khususnya perkebunan kopi arabika Gayo milik rakyat.

Namun katanya antusias masyarakat untuk memelihara ternak juga tinggi disamping berkebun kopi.
“Pertemuan ini harus kita maknai untuk membangun komitmen dan tekad yang kuat untuk membangun peternakan Aceh ke kedepan lebih baik, apalagi pemerintah mencanangkan tahun 2026 adalah swasembada daging,” ujarnya (Dian)

loading...