HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Menlu Filipina Apresiasi Inisiasi dan Kepemimpinan Indonesia di ASEAN

0 1

HARIANACEH.co.id — Ketua ASEAN Alan Peter Cayetano yang juga Menteri Luar Negeri Filipina menyampaikan apresiasinya terhadap inisiasi dan kepemimpinan Indonesia di ASEAN.

Melalui siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, apresiasi itu disampaikan Cayetano dalam pidato pembukaan Konferensi Tingkat Menteri ASEAN ke-50 di Manila, Sabtu (5/8) kemarin.

“Saya apresiasi inisiasi Menlu Retno Marsudi yang mengusulkan dilakukannya pertemuan informal Menlu ASEAN semalam, sehingga kita bisa lakukan konsolidasi dan bahas isu-isu yang menjadi perhatian tinggi sebelum pertemuan formal hari ini,” ujarnya saat membuka gelaran yang tahun ini mengambil tema “Partnering for Change Engaging the World”.

Lebih lanjut, Cayetano menyampaikan bahwa pertemuan informal yang dilaksanakan semalam sebelum KTM ASEAN, menjadi contoh dari semangat kerjasama ASEAN way.

Dilaporkan, Indonesia pertama kali mengusulkan pertemuan informal Menlu sehari sebelum pelaksanaan KTM ASEAN di Laos pada 2016. Pada pertemuan informal tersebut, Menlu ASEAN berhasil menyepakati berbagai isu terkini, termasuk mengenai Laut China Selatan.

Sementara itu, dalam pertemuan informal kali ini, para Menlu ASEAN berhasil melakukan konsolidasi posisi untuk beberapa isu yang menjadi perhatian tinggi, termasuk situasi di semanjung Korea dan Laut China Selatan.


“Dimulai tahun lalu kita telah membentuk kebiasaan baru untuk bertemu secara informal sebelum KTM ASEAN dan melakukan konsolidasi posisi bersama khususnya untuk isu-isu dalam pertemuan dengan mitra wicara ASEAN,” tutur Retno.

Pada rangkaian KTM ASEAN yang berlangsung sejak 4 sampai 8 Agustus 2107 akan dilaksanakan total 18 pertemuan. KTM akan menghasilkan komunike bersama Menlu ASEAN serta berbagai pernyataan bersama dan hasil lainnya.

loading...