HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Lantaran Tulisan Anonim Ini, Karyawan Google Heboh dan Jadi Resah

0 17

HARIANACEH.co.id, California — Beberapa hari belakangan karyawan Google ricuh lantaran satu tulisan yang tersebar di forum internal. Tulisan itu berjudul “Google Ideological Echo Chamber”.

Sekilas tak ada yang aneh dalam judul tulisan tersebut. Tapi, mengutip laman berita The Telegraph, Selasa, 8 Agustus 2017, isinya membahas soal “mampukah perempuan bekerja dalam dunia teknologi?”

Artikel sebanyak 10 halaman itu ditulis oleh software engineer senior dengan identitas anonim. Tak ayal tulisan kontroversial tersebut tersebar dengan cepat. Sebab, penulis menyebut perempuan tak mampu bekerja di sektor teknologi lantaran faktor genetis.

Perbedaan itulah yang menurut penulis artikel tersebut membuat laki-laki dan perempuan tak bisa bersaing secara seimbang. “Saya menyebutnya masalah biologis. Alasan ini jugalah yang menyebabkan sulitnya kesetaraan gender di sektor teknologi, termasuk dalam kepemimpinan,” demikian penulis artikel itu.

Selain itu, artikel tersebut menyebut laki-laki lebih memiliki ketertarikan dalam hal pemrograman dibandingkan perempuan. Artikel tersebut menyebut bahwa perempuan sebetulnya lebih cocok bekerja di bidang yang berhubungan dengan manusia atau estetika.

Sejumlah karyawan Google memprotes tulisan tersebut. Petinggi Google juga segera bereaksi. Wakil Direktur Bidang Keberagaman, Integritas, dan Pemerintahan Google, Daniel Brown, dengan segera membuat pengumuman internal.

“Artikel tersebut bukanlah pandangan dari Google. Keragaman dan inklusifitas adalah fondasi dasar dan nilai budaya perusahaan, termasuk kesetaraan, sehingga akan terus dipertahankan,” kata dia.

loading...