HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Amerika Menarik Pasukannya dari Afganistan, Taliban Ikut Senang

0 7

HARIANACEH.co.id, Kabul — Taliban, Selasa, 8 Agustus 2017, menyambut baik sejumlah laporan yang menyebutkan Amerika Serikat akan segera menarik pasukannya dari Afganistan.

Sebelumnya, Wall Street Journal melaporkan, kebijakan Donald Trump mengirimkan pasukan tambahan ke Afganistan justru memicu ketegangan baru di Afganistan sehingga perlu ada opsi menarik seluruh pasukan yang ada di sana.

Meskipun belum ada keputusan yang diambil dan ada beberapa laporan bertentangan, Taliban tetap menyampaikan apresiasinya atas laporan rencana penarikan pasukan tersebut.

“Jika Amerika Serikat benar-benar menarik seluruh pasukannya dan mengumumkan rencana tersebut secara terbuka, maka Emirat Islam akan menyambut baik dan siap melakukan pembicaraan dengan Amerika atas berbagai kunci masalah,” ujar Taliban, Selasa.

Menurut Taliban, Amerika telah menghabiskan dana sekitar US$ 780 miliar atau setara dengan Rp 10.400 triliun untuk perang panjang di Afganistan.

Sejak terlibat perang di Afganistan, kata Taliban, Amerika telah menghabiskan banyak uang. Masalah di Afganistan tidak bisa diselesaikan dengan militer oleh Amerika.

“Sebab Amerika bukan berperang melawan sebuah kelompok melainkan dengan seluruh bangsa,” kata Taliban.

Sebelumnya, pada Februari 2017, jenderal top Amerika di Afganistan Jenderal John W. Nicholson mengatakan kepada Kongres bahwa dia membutuhkan ribuan pasukan tambahan dari Amerika dan sekutu NATO setelah menemui jalan buntu di sana.

Sementara itu, Presiden Donald Trump sebagaimana dilaporkan NBC, menyatakan frustasi setelah Amerika mengalami kehilangan banyak pasukan di Afganistan akibat perang dengan Taliban. Ia pun mempertimbangkan mengganti Jenderal Nicholson.

Sumber:

Daily Times, NBC

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time