HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Politik Amerika Serikat

Diplomat Kuba Diusir Deplu AS Karena Terjadi ‘Insiden Misterius’

Pemerintah AS usir dua diplomat Kuba setelah para diplomat Washington mengalami insiden misterius di Havana. (Ilustrasi/REUTERS)
0 17

HARIANACEH.co.id, Washington — Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengusir dua diplomat Kuba dari kedutaannya di Washington. Alasan pengusiran tidak jelas, dimana departemen itu menyebut ada “insiden yang menyebabkan gejala fisik” yang dialami para diplomat AS di Kuba.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert tidak menjelaskan maksud dari “insiden yang menyebabkan gejala fisik” itu.

Nauert mengatakan, insiden di Havana tidak mengancam kehidupan para diplomat Washington dan masalah yang sebenarnya sedang diselidiki.

“Insiden tersebut mengakibatkan ‘variasi gejala fisik’, yang mendorong beberapa pejabat pemerintah AS untuk meninggalkan pulau (Kuba) tersebut,” kata Nauert dalam konferensi pers hari Rabu.

Menurutnya, personel kedutaan Amerika di Kuba pulang untuk alasan medis. AS kemudian meminta personel kedutaan Kuba untuk meninggalkan Washington. Nauert membantah tindakan pengusiran oleh pemerintah AS itu sebagai “timbal balik”.

Perintah pengusiran dua diplomat Kuba itu sebenarnya telah muncul sejak Mei lalu, namun baru dikonfirmasi Departemen luar Negeri, hari Rabu waktu Washington.

Seorang pejabat AS yang berbicara tanpa menyebut nama mengatakan kepada AP yang dikutip Kamis (10/8/2017), bahwa “gejala fisik akibat insiden” di kedutaan AS di Kuba termasuk hilangnya fungsi pendengaran yang dialami para diplomat Washington.

Penyidik sedang menyelidiki insiden itu untuk mengetahui apakah pemerintah Kuba menempatkan perangkat sonik di kantor Kedubes AS atau tidak. Perangkat seperti itu diduga sebagai penyebab yang memekakkan telinga para staf Kedubes Amerika.

Sumber:

Associated Press

Komentar
Sedang Loading...
Memuat