HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Eropa Dilanda Krisis Mentega, Ini Penyebabnya

0 6

HARIANACEH.co.id, LONDON – Eropa mengalami krisis mentega akibat meningkatnya permintaan global membuat harga grosir mentega naik dua kali lipat.

Mengutip CNN Money, Kamis (10/8), Federasi Pengusaha Roti dan Kue Perancis telah menjelaskan situasi ini sebagai krisis besar. Ini pun peringatan atas kemungkinan kenaikan harga roti dan kue.

Menurut data Euromonitor, Harga eceran mentega per Juni 2017 di Eropa pun melonjak hampir 20 persen.

“Harga mentega, meski pasti volatil, tidak pernah mencapai level itu sebelumnya. Kekurangan pasokan mentega tampaknya akan menjadi ancaman nyata pada akhir tahun,” tulis federasi tersebut dalam pernyataanya.

Ada beberapa faktor di balik melonjaknya harga mentega di Eropa. Konsumsi mentega naik drastis berkat permintaan yang lebih tinggi di berbagai negara, termasuk Cina.

Selain itu, sejumlah konsumen kembali mengonsumsi produk susu setelah sebelumnya ada keraguan terkait kaitan mentega dengan penyakit jantung. Pada saat yang sama, produksi di Eropa merosot.

Permintaan konsumsi global kembali meningkat setelah bertahun-tahun mengalami penurunan.

Rata-rata warga Eropa mengonsumsi 4,2 kilogram mentega pada tahun 2015 dibandingkan 3,9 kilogram pada 2010.

Selain permintaan yang meningkat, krisis mentega juga disebabkan lesunya industri susu dan olahannya.

Pada tahun 2014, Rusia memberlakukan embargo terhadap produk pangan Eropa, di mana Rusia menyumbang 24 persen dari ekspor mentega Uni Eropa. Akibatnya, harga menurun secara dramatis.

Di banyak negara di Uni Eropa, harga susu bahkan lebih murah dari harga air minum dalam kemasan.

Meski Uni Eropa mengintervensi pasar, namun banyak peternak yang sudah menyerah dan tak melanjutkan usahanya.

Di Inggris saja, sekitar 1.000 peternak menghentikan produksi. Produksi mentega juga turun 5 persen hingga Mei 2017 dan pasokan merosot 98 persen dalam setahun. Ini berdasarkan data Komisi Pengawasan Susu Eropa.

“Meski pasokan masih ketat dan permintaan meningkat, ada kelangkaan mentega di Uni Eropa dan menyebabkan harga naik karena pembeli ingin mengamankan pasokan,” jelas Michael Liberty, analis pasar produk olahan susu di Mintec.

Sumber:

CNN Money

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time