HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Guam, Pulau Kecil Sasaran Rudal Korut

Pulau kecil bernama Guam adalah sebuah pangkalan udara militer AS (Foto: Reuters)
0 27

HARIANACEH.co.id, HAGATNA GUAM – Guam sebuah pulau kecil di Pasifik menjadi perbincangan dunia setelah Korea Utara mengancam akan menembakan rudal pertengahan bulan ini.

Pulau Guam merupakan sebuah pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat, lokasi ini menjadi target penembakan rudal pada pertengahan bulan ini.

Seperti dilansir NPR, Kamis (10/8), Guam adalalah pulau kecil di barat Pasifik yang berjarak 6.300 km dari Hawaii dan 3.500 km dari pesisir tenggara Korut.

Guam juga merupakan wilayah koloni AS sejak 1898 setelah serah terima dari Spanyol.

Pulau yang pernah dihuni manusia Indonesia dan Filipina purba saat 2000 Sebelum Masehi ini memang berukuran kecil, tapi dijaga dan dilindungi oleh mesin perang paling canggih di dunia.

Lokasi strategis Guam menjadi andalan bagi militer AS yang membutuhkan gerbang ke Asia Timur.

Pada Perang Dunia II, AS melancarkan serangan udara terhadap Jepang dari pangkalan udara di Guam.

Setiap misi pengintaian udara juga dikerahkan dari sana. Tidak heran jika militer AS menyematkan julukan ujung tombak pada pulau kecil tersebut.

Pulau kecil tersebut juga berada di dalam jangkauan peluru kendali Hwasong-8, meski ditaksir mampu membawa jarak sejauh 6.000 km, hanya terbang sejauh 1.000 km pada uji coba awal tahun silam.

Untuk menghadapi ancaman Korut, AS sejak 2013 membangun sistem pertahanan udara Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di selatan Guam.

Dikembangkan pada Perang Teluk I, THAAD antara lain bertugas menghancurkan peluru kendali tanpa hulu ledak, melainkan dengan tumbukan energi kinetik.

Selain di Guam, AS juga berniat menempatkan THAAD di perbatasan Korea Selatan untuk melawan serangan Korea Utara

Sumber:

NPR

Komentar
Sedang Loading...
Memuat