HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kantor Perwakilan Rusia untuk ASEAN Dibuka Menlu Lavrov di Jakarta

Para menteri Indonesia dan Rusia saling bergandengan tangan saat pembukaan Kantor Misi Tetap Rusia untuk ASEAN di Jakarta, Rabu (9/8/2017). (SINDOnews/Victor Maulana)
0 94

HARIANACEH.co.id —¬†Kunjungan kerja Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov ke Indonesia bukan hanya ditujukan untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara. Lawatan Lavrov juga untuk memperkuat hubungan Rusia dengan ASEAN dengan membuka kantor perwakilannya untuk ASEAN.

Seperti diketahui, Jakarta adalah Ibu Kota dari ASEAN, dimana kantor Sekertariat ASEAN bertempat di bilangan Blok M. Di kawasan itulah, kantor perwakilan Rusia untuk ASEAN dibuka.

Dalam pidato peresmian kantor perwakilan negaranya, Lavrov menyatakan bahwa keberadaan misi tetap negaranya untuk ASEAN mengukuhkan prioritas kerja sama luar negeri Rusia dengan ASEAN.

“Hal ini juga mengukuhkan komitmen kami untuk meningkatkan dialog dengan ASEAN dan membawa kerja sama ke tingkat strategis,” kata Lavrov, dalam pidatonya hari Rabu (9/8/2017).

“Dan yang tidak kalah penting, Misi Tetap Rusia di ASEAN harus memberikan kontribusi guna mengembangkan dan meningkatkan kerja sama antara para perwakilan tetap negara-negara anggota ASEAN,” imbuhnya.

Lavrov mengatakan, Rusia telah membangun dialog tingkat tinggi dengan otoritas ASEAN dan para negara anggotanya. Dialog tersebut dimaksudkan untuk membahas mekanisme kerja sama dalam bidang energi, sains dan agrikultur.

Kerja sama Rusia dan ASEAN diharapkan terjalin di sedikitnya 20 bidang inisiatif kerja sama termasuk sektor teknologi informasi, keamanan pangan, pendidikan dan transportasi.

“Saya juga berharap Misi Tetap Rusia ini akan memberikan perhatian pada isu-isu humaniora dan budaya. Di saat yang sama, memfasilitasi kontak antara ASEAN dan Uni Ekonomi Eurasian (EAEU),” imbuh diplomat senior Rusia itu.

Sumber:

Sindonews

Komentar
Sedang Loading...
Memuat