HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Harga Cabai Mengalami Kenaikan di Sumatra Utara

0 15

HARIANACEH.co.id, MEDAN – Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin menilai, kenaikan harga cabai saat ini sudah terbilang normal.

Sebab, sebelumnya harga cabai yang menjelang akhir tahun lalu sempat di atas Rp50 ribu/kg dan kemudian terpuruk di bawah Rp20 ribu/kg.
“Saat ini harga cabai bertahan di kisaran Rp29 ribu/kg, dan ini merupakan harga yang ideal menurut saya. Sebaiknya memang harga cabai itu bisa dipertahankan dalam rentang Rp25 ribu hingga Rp30 ribu/kg,” kata Gunawan, Jumat (11/8/2017).

Menurut dia, penyebab kenaikan harga cabai sendiri diyakini akibat erupsi Gunung Sinabung. Sebab, kualitas cabai yang dijual saat ini tergolong dalam kualitas yang kurang bagus.

“Dikarenakan banyak petani yang lebih memilih untuk memanen cabai lebih dini seiring dengan peningkatan erupsi Sinabung. Dengan kenaikan harga cabai ini, saya yakin cabai akan menjadi penyumbang inflasi yang signifikan di bulan Agustus. Terlebih, jika harga cabai terus bertahan dikisaran harga saat ini hingga menjelang akhir bulan nanti,” cetus Gunawan.

Ia melanjutkan, sejauh ini belum terlihat apakah harga cabai nantinya akan berulang seperti kejadian di bulan bulan terakhir tahun lalu. Karena, sentimennya masih diakibatkan gangguan pasokan lantaran peningkatan erupsi Sinabung.

“Sebaiknya pemerintah maupun Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) serta instansi terkait terus memantau harga cabai ini. Jangan sampai ada peralihan lahan tanaman yang sebelumnya membuat stok cabai mengalami peningkatan. Namun berubah menjadi lahan lain yang membuat cabai menurun kuantitasnya di pasar. Terlebih jika kita masih belum memiliki manajemen pasokan yang ditopang oleh cold storage yang mumpuni,” papar Gunawan.

 

Sumber:

Pojoksatu.id

loading...