HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kelompok Militan Ini Gunakan eBay Untuk Transaksi Teror di AS

0 4

HARIANACEH.co.id, New York – Biro Investigasi Federal Amerika Serikat atau FBI menjelaskan, ISIS dan jaringannya mendistribusikan uangnya ke AS dengan melakukan transaksi palsu di eBay.

FBI memperoleh informasi itu setelah menginterogasi seorang pria penerima dana ISIS yang ditangkap lebih dari setahun lalu.

Pria berusia awal 30-an, Mohamed Elshinawy yang ditangkap di Maryland dalam sebuah operasi pengawasan FBI,  berjanji setia kepada ISIS dan telah berpura-pura menjual printer komputer di eBay. Belakangan diketahui penjualan itu sebagai cara untuk  mengirimkan uangnya untuk ISIS melalui PayPal. Uang itu diduga untuk mendanai serangan teror.

Pernyataan persidangan FBI yang baru dibuka, diajukan di pengadilan federal di Baltimore, menuduh Elshinawy sebagaii jaringan global yang membentang dari Inggris ke Bangladesh yang menggunakan skema serupa untuk mendanai ISIS.

Aktivitas Elshinawy, menurut FBI,  diarahkan oleh seorang tokoh ISIS senior yang sekarang sudah tewas di Suriah, Siful Sujan.

Elshinawy mengatakan kepada penyidik ​​bahwa dia diinstruksikan untuk menggunakan uang tersebut untuk tujuan operasional di Amerika Serikat misalnya untuk serangan teror.

Kasus tersebut menunjukkan bagaimana ISIS mencoba memanfaatkan setiap lubang di dunia keuangan online yang luas untuk membiayai teror di luar wilayahnya.

Juru bicara eBay menegaskan perusahannya tidak mentoleransi tindakan kriminal dalam bisnisnya. “Kami bekerja sama dengan penegak hukum untuk membawa orang ini ke depan hukum,” ujarnya seperti dikutip dari NPR, 11 Agustus 2017.

Jauh sebelumnya, ISIS dilaporkan telah menjual artefak-artefak berusia 2.000 tahun yang dijarahnya melalui eBay. Mengutip FoxNews.com, 15 Maret 2015, eBay kemudian mencopot produk-produk bersejarah hasil jarahan ISIS dan bersedia bekerja sama dengan aparat keamanan untuk menangkap pelakunya.

 

Sumber:

FoxNews

loading...