HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Polda Metro Jaya Berhasil Bongkar Gerbong Mobil Kanibal

0 8

HARIANACEH.co.id — Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap tindak pidana kasus curanmor roda empat dan penadahan dengan modus mengganti nomor rangka dan mesin kendaraan.

“Selama dua bulan penyelidikan informssi dari masyarakat bahwa adanya mobil kanibal. Kawinan dari surat-surat resmi yang digabungkan dengan nomor rangka, dan nomor mesin pada blok mesin mobil hasil kejahatan pencurian,” kata Kepala Subdirektorat Pencurian Kendaraan Bermotor Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Antonius Agus, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

Antonius tambahkan, dari mengganti nomor rangka dan mesin kendaraan kemudian pelaku jaringan tersebut menjualnya dengan harga pasaran.

Untuk itu kata Antonius, ia menghimbau kepada masyarakat, jika membeli mobil bekas terlebih dulu lakukan pengecekan di mesin mobil dengan digesek, dicek, diregistrasi nomor kendaraan, untuk memastikan keaslian nomor rangka dan mesin kendaraan.

Kalau aksi pencuriannya dari pengakuan pemetik, dia melakukan sudah dari tahun 2013. Kalau diakumulasi satu minggu satu kali (modus mengganti nomor), itu bisa 234 kali setahun, bisa lebih,” tegas dia

“Tapi yang sudah kami kumpulkan 20 LP. Tapi tidak semua TKP pencurian tidak dikanibal, karena pemetik tidak menjual ke satu ini saja, tapi dia jual ke penadah yang lain,” sambung dia.

Dari kasus kejahatan ini, polisi amankan empat pelaku berinisial HFF peran sebagai perbaiki kunci kontak, UTG peran sebagai penadah, PPT peran putus GPS.

Terkait dengan kasus ini, pelaku dijerat pencurian dengan pasal 363, pasa 480 tentang penadah dan ada Undang-Undang Darurat untuk senjata api.

Sumber:

Pojoksatu

loading...