HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wow, Bahasa Suku Guam Mirip Dengan Bahasa Indonesia?

0 53

HARIANACEH.co.id — Selain nenek moyangnya dari Indonesia, secara linguistik dan budaya, Guam juga punya kemiripan bahasa dengan Indonesia, Malaysia dan Filipina yang menjadi petunjuk asal usul Suku Chamorro.

Buku berjudul Ancient Chamorro Society karya Lawrence J. Cunningham bahkan membandingkan bahasa suku tersebut dengan kata-kata dalam budaya lain, termasuk Indonesia.

“Berdasarkan perbandingan tersebut, Bahasa Chamorro lebih memiliki kemiripan dengan Bahasa Indonesia,” demikian cuplikan dari buku tersebut.

Kata-kata yang sama termasuk mata, susu, lima, sementara pada istilah lain ditemukan kemiripan.

Meski demikian, masih dibutuhkan kajian lebih lanjut untuk menentukan dari mana nenek moyang masyarakat asli Guam berasal.

Sementara itu, dari sisi sejarah, Guam mengalami sejumlah pendudukan, dari Spanyol, sempat jatuh ke tangan Amerika Serikat pada tahun 1898, selama Perang Spanyol-Amerika.

Kemudian, pada Perang Dunia II, di awal Desember 1941, angkatan bersenjata Jepang menyerbu Guam. Selama hampir tiga tahun, pulau itu berada dalam kekuasaan Negeri Matahari Terbit, hingga akhirnya direbut kembali oleh AS pada 1944.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat