Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Mendag Ancam Pidanakan Produsen Gula

HARIANACEH.co.id, BANDUNG РMenteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menegaskan, bakal mengambil keputusan tegas terhadap produsen gula yang nekat menjual produk dengan kualitas buruk kepada masyarakat. Demi melindungi konsumen dan tata niaga gula, Mendag Enggar bakal memidanakan pengusaha gula nakal yang menjual produk tidak laik.
Menurut dia, Kemendag telah menerima banyak laporan dari masyarakat terkait kualitas gula yang beredar di pasaran. Dari laporan tersebut Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga, Kementerian Perdagangan (Kemendag) langsung melakukan pemeriksaan di sejumlah pasar di daerah.
“Hasilnya memang ditemukan banyak gula tidak laik. Standar SNI-nya itu masimum 300, sementara hasil temuan 1.000. Warnanya coklat,¬† tidak laik dikonsumsi. Ini tidak akan saya biarkan. Saya sudah panggil semua dirutnya,” kata Enggar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung, Senin (28/8).
Dia menambahkan, telah memerintahkan seluruh dirut untuk tidak menjual gula yang memiliki kualitas rendah. Produk gula yang ada di gudang harus direproses kembali agar bisa memenuhi persyaratan. Selain itu, Bulog juga wajib membeli gula yang memenuhi standar yang berada di gudang.
“Kami tidak akan membiarkan konsumen mengkonsumsi produk yang tidak laik. Itu kewajiban pemerintah saat ini. Pemerintah akan memidanakan pengusaha gula yang tetap nekat menjual produk tidak laik kepada masyarakat,” tegas dia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya