HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ratusan Warga Kota Larut Dalam Zikir di Pendopo

0 4

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh – Ratusan warga kota Banda Aceh tampak khusyu’ mengikuti zikir di Pendopo Walikota Banda Aceh, Jum’at malam (15/9/2017).

Turut juga hadir para pimpinan Dayah dan Pesantren di Banda Aceh, para santri, tokoh masyarakat serta Kepala SKPD di jajaran Pemko Banda Aceh.

Sesaat sebelum pengajian dan zikir dimulai, hadirin melaksanakan shalat Isya berjemaah dan mendengar lantunan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Ustad Mahlil, salah satu Qari Banda Aceh yang meraih juara III di Tilawah Dewasa Putra MTQ Tingkat Provinsi Aceh yang diselenggarakan di Nagan Raya tahun 2015.

Setelah penyampaian tausyiah oleh Ustad Mulyadi, dilanjutkan dengan zikir yang dipimpin oleh Tgk Kamaruzzaman, pimpinan Dayah Al-Amin, Gampong Ilie Kecamatan Ulee Kareng.

*Walikota: Pengajian dan Zikir Gemilang Akan digelar setiap Sabtu Malam*

Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM dalam sambutan singkatnya sesaat sebelum zikir dimulai mengatakan kegiatan pengajian dan zikir gemilang akan digelar setiap minggu, tepatnya setiap Jum’at malam.

“Zikir dan pengajian ini sebenarnya kita jadwalkan setiap malam Jum’at, tapi karena banyak jadwal zikir di tempat lain pada malam yang sama makanya kita putuskan digelar setiap malam Sabtu,” ujar Aminullah.

Katanya, zikir yang digelar di pendopo merupakan kegiatan kedua setelah dirinya meresmikan Majlis Zikir minggu lalu. Walikota berharap kegiatan zikir ini nantinya akan bergaung diseluruh pelosok Kota Banda Aceh.

“Sebelum kita menemukan lokasi yang tepat untuk zikir dan pengajian gemilang ini, sementara kita menggelar di pendopo dulu. Sampai ada pemberitahuan selanjutnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Amin juga mengatakan dalam
Waktu dekat akan segera dibentuk pengurus majlis zikir dan pengajian gemilang agar kegiatan tersebut berjalan maksimal dalam rangka memperkuat penerapan syariat Islam di Banda Aceh.

Amin juga mengatakan, dalam penerapan syariat Islam dirinya meminta para ulama Dayah berada di garis paling depan, karena menurutnya ketika para ulama berada di depan akan mudah menggugah kesadaran masyarakat dalam penerapan syariat Islam secara kaffah di Banda Aceh.

Lanjutnya, khusus untuk jadwal zikir minggu depan akan dimajukan sehari, yakni pada tanggal 21, tepatnya dimalam Jum’at dan akan digelar secara akbar di Blang Padang.
“Minggu depan kita gelar zikir akbar di Blang Padang, kita gelar bertepatan dengan 1 Muharram dengan jumlah peserta yang direncanakan mencapai 10 ribu jamaah,” ujar Aminullah.

Kepada aparatur Kota, Walikota meminta mereka memboyong seluruh anggota keluarga pada acara zikir akbar nanti.

“Ini komitmen kita dalam rangka menghidupkan zikir di Banda Aceh sebagai kota yang menerapkan syariat Islam. Jadi Saya minta dimulai dari PNS dulu yang wajib memberi teladan bagi warga. PNS harus memboyong seluruh keluarga karena aparatur harus berdiri paling depan dalam penegakan syariat Islam, salah-satu cara, ya..seperti kegiatan pengajian dan zikir ini,” tutup Walikota. (mkk)

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time