HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Iran Klaim Kantongi Bukti AS Kolusi dengan ISIS

0 2

HARIANACEH.co.id, TEHERAN  Pejabat Garda Revolusi Iran (IRGC) berhasil menyusup ke pusat komando militer Amerika Serikat (AS). Ia berhasil mendapatkan dokumen yang diduga membuktikan adanya kolusi antara teroris Washington dan ISIS.

Klaim tersebut dibuat oleh Panglima Angkatan Udara IRGC, Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh, pada hari Jumat dalam sebuah wawancara TV.

“Kami memiliki dokumen yang menunjukkan perilaku orang Amerika di Irak dan Suriah. Kita tahu apa yang orang Amerika lakukan di sana; apa yang mereka lalai dan bagaimana mereka mendukung ISIS,” ujarnya seperti dilansir dari Russia Today, Minggu (17/9/2017).

Ia mengatakan jika IRGC mendapatkan lampu hijau untuk merilis dokumen tersebut, itu akan membawa lebih banyak “skandal” untuk AS.

Ini bukan pertama kalinya seorang pejabat tinggi Iran menuduh AS membantu teroris di wilayah tersebut, yang mengaku memiliki bukti kolusi yang kuat.

Pada bulan Juni, setelah serangan di Teheran menewaskan 17 orang, Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayor Jenderal Mostafa Izadi menuduh AS melancarkan perang proxy di wilayah ini melalui teroris ISIS, yang merupakan “trik baru dengan kekuatan arogan melawan Republik Islam.

“Kami memiliki dokumen dan informasi yang menunjukkan dukungan langsung oleh imperialisme AS untuk arus yang sangat menjijikkan ini di wilayah tersebut, yang telah menghancurkan negara-negara Islam dan menciptakan gelombang pembantaian dan bentrokan,” kata Izadi kala itu.

Tuduhan Izadi diamini oleh Ketua Parlemen Iran Ali Larijani, yang mengklaim bahwa AS telah menyesuaikan diri dengan ISIS. Namun tidak ada bukti untuk mendukung tuduhan tersebut telah dirilis sejauh ini.

Sumber:

Russia Today

loading...