.

BKKBN Galakkan Kontrasepsi Jangka Panjang untuk Cegah Kehamilan

1 min


70
16 shares, 70 poin

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional  (BKKBN)  terus menggalakkan kontrasepsi jangka panjang, yaitu injeksi yang dapat mencegah kehamilan minimal tiga bulan, implant atau susuk KB berlaku 3 tahun, dan intra uterine device (IUD) yang berlaku  5 tahun.
“Kami juga menggalakkan KB pasca-bersalin atau alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR),” kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty dalam acara Telaah Tengah Tahun, di kantor BKKBN Pusat, Jakarta, Rabu (20/9/2017) .
Chandra mengatakan, ibu yang baru saja melangsungkan persalinan bisa langsung dipasang kontrasepsi supaya masa menyusui tidak terganggu kehamilan. Dengan begitu, kata dia, ibu bisa sempurna memberikan ASI minimal dua tahun.
“Telaah tengah tahun ini bertujuan untuk mengevaluasi capaian program program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga  (KKBPK) 2017,” terangnya.
Menurutnya, dengan evaluasi pihaknya mendapatkan gambaran tingkat keberhasilan yang dicapai. Karena itu, pihaknya terus berupaya agar program KB terus ditingkatkan, terutama dalam program Kampung KB yang merupakan perwujudan dari Nawacita pembangunan manusia.
Hal tersebut tertuang dalam Nawacita nomor tiga, lima, dan delapan. Cita nomor lima berbunyi, membangun Indonesia dari piggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka NKRI.  Sementara, bunyi Cita nomor lima yaitu meningkatkan kualitas manisia itu sendiri, dan Cita nomor delapan yaitu merevolusi karakter bangsa.
“Program KB sesuai instruksi Presiden Joko Wi dodo harus direvitalisasi berkaitan dengan pembangunan berwawasan kependudukan,” papar Surya.

0/5 (0 Reviews)

Komentar


Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
0
Suka
Takjub Takjub
0
Takjub
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Gif
GIF format