HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Akibat Hujan Deras, 50 KK Dievakuasi

0 257

HARIANACEH.co.id, MEULABOH — Hujan Deras terus Menguyur wilayah Pantai Barat Aceh sejak sepekan terakhir mengakibatkan sejumlah wilayah dikwasan setempat dilanda banjir, hujar deras tersebut menjadikan sebagian Aceh jaya, Aceh Barat dan Nagan Raya dikepung banjir, di Kecamatan Panga Aceh Jaya, warga 8 desa harus diungsikan.

Sebanyak  50 (KK) di Kecamatan Panga terpaksa di ungsikan ke Balai Desa Tuwi Kareung, karena rumah mereka mulai terendam banhjir setinggi 1 meter sejak selasa kemarin. Keculai Desa Tuwie kareung , banjir juga melanda tujuh desa lainnya dalam Kecamatan panga yakni, Tuwi kaye, Kuta Tuha, Gampong Harapan, Pulo Ie, Babah cepan dan Alue abet.

Namun yang parah di Desa Twi Kareung yang sudah dilakukan evakuasi warga. Marwan Basyar, Geuchik Tuwie kareung, (4/9) kepada wartawan mengatakan, bahwa sabtu malam kondisi air terus mengalami peningkatan, dan pihaknya untuk sementara sudah mengefakuasikan sebanyak 50 kepala keluarga  dari 216 kepala keluarga yang ada di desa tersebut.

“ Kami sudah mengungsi kebalai Desa , guna menghindari korban jiwa, dan untuk malam ini akan bersahur dib alai desa,” kata Marwan.sementara dari tujuh Desa lainnnya belum ada laporan danya pengungsian.

Menurut Marwan, terjadinya banjir bandang secara tiba-tiba sejak Jumat sore tadi, di akibatkan wilayah tersebut selama dua hari terakhir ini diland hujan deras di sertai angin kencang.

Banjir tersebut dipicu oleh  kondisi muara sungai  diwilayah kawasan itu yang tidak berfungsi setelah terjadinya Tsunami 2004 silam, sehingga potensi banjir bandang kerap mengacam warga setiap dua tahun sekali, ujar marwan.

Ia mericikan kerugian warga di delapan Desa 8 desa mencapai puluhan juta, sampai saat ini dilaporkan belum  ada korban jiwa akibat banjir bandang yang menimpa warga Aceh jaya pecan ini.

Untuk mengantisipasi perluasan banjir, sejak sore tadi  sejumlah warga dan pemerintah kecamatan setempat telah berupaya untuk membuka muara,  namun sampai jam 13 WIB dini hari tadi upaya tersebut belum membuahkan hasil, dikarnakan warga tidak dapat mempergunakan alat berat untuk mengali muara yang sudah menjadi daratan tersebut, berhubung lokasi muara  terkurung air.

Terkait bantuan sembako untuk para warga yang sudah di evakuasi, hingga kini belum ada, dan untuk  sarapan sahur malam ini di pastikan akan di bantu secara swadaya oleh masyarakat setempat yang terhindar rumahnya dari kepungan air.

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk Zamzami A rani mengatakan, terkait dengan bantuan sembako pihaknya akan memberikan beras, dan lauk pauk lainya, seperti Mie Istan, Sarden dan ikan Asin. Demikian Zamzami.(wawan)

loading...