HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sponsored Post

Museum Nasional Indonesia, Tempat Wisata di Jakarta yang Anti-Mainstream

0 747

HARIANACEH.co.id — Tempat wisata di Jakarta yang biasanya orang tahu adalah Monas, Kota Tua dan spot-spot kafe Instagramable yang semakin menjamur. Akan tetapi, tahukah kamu kalau Museum Nasional Indonesia ternyata layak dan malah harus masuk dalam daftar next destination kamu! Lokasinya dekat sekali dengan Monas, jadi sayang untuk dilewatkan, bukan?

Didirikan sejak tahun 1778, tepatnya di tanggal 24 April, Museum Nasional Indonesia ini tentu punya banyak cerita menarik. Selain itu, museum yang dikenal juga dengan sebutan Museum Gajah ini, memiliki spot-spot menarik baik di luar dan dalamnya. Salah satu benda unik menurut website ini adalah patung gajah yang ditempatkan di bagian taman depan. Patung yang terbuat dari bahan perunggu tersebut adalah hadiah dari Raja Thailand yang sempat berkunjung ke museum tersebut di tahun 1871 silam. Di dekat patung tersebut terdapat pula Meriam yang ditempatkan menghadap Monumen Nasional.

Ada Apa Saja di Museum Nasional Indonesia?

Namanya museum tentu saja menghadirkan beragam pajangan sejarah dan hal-hal terkait. Museum Nasional juga begitu. Secara singkat, kawasan ini terbagi menjadi beberapa bagian: Monumen Gajah di halaman depan, Gedung Gajah Museum Nasional atau Gedung Selatan serta Gedung Utara yaitu Gedung Arca. Sementara itu, koleksi museum ini meliputi koleksi dari masa Hindu-Buddha di Indonesia. Sumber koleksi tersebut kebanyakan dari penggalian arkeologis serta hibah dari kolektor dan ada pula hasil dari pembelian.

Arca Buddha. FOTO/museumnasional.or.id
Arca Buddha. FOTO/museumnasional.or.id

Salah satu koleksi paling menarik di museum ini adalah arca Buddha Dipangkara. Patung tersebut terbuat dari bahan perunggu dan disimpan di dalam sebuah Ruang Perunggu dengan kotak kaca tersendiri. Lalu, ada pula arca tertua dari masa Hindu di Nusantara yakni Wisnu Cibuaya yang ditaksir telah ada dari abad ke-4 Masehi. Arca tersebut ditempatkan di Ruang Arca Batu. Ya, masih banyak lagi koleksi lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Sebut saja arca kuno seperti yang sudah disebutkan, kemudian ada pula perunggu, etnografi, tekstil, keramik serta relik sejarah juga benda-benda berharga lainnya.

Oh ya, yang menjadikan tempat wisata di Jakarta ini menjadi museum yang cukup unik adalah Museum Nasional Indonesia tidak hanya menyuguhkan pajangan saja! Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu ikuti di sana setiap minggunya. Misalnya saja ada kegiatan belajar tari daerah, belajar membatik serta pentas Dongeng bersama Teater Koma. Pokoknya harus ke sana deh! Dijamin anti-mainstream dan tidak membosankan!

Museum Nasional Indonesia. FOTO/museumnasional.or.id
Museum Nasional Indonesia. FOTO/museumnasional.or.id

Bangunan museum ini juga didominasi gaya Klasikisme yaitu sebagian besar desainnya dipengaruh oleh budaya Eropa. Tak heran karena pada masa berdirinya, Indonesia masih menjadi daerah kekuasaan Belanda. Memang ada beberapa penambahan gedung baru di tahun 90-an, yaitu Gedung Utara dan juga Gedung Arca yang telah disebutkan tadi.

Rute Menuju Museum Nasional Jakarta

Tidak sulit untuk sampai ke museum satu ini. Kau bisa naik taksi, bis atau ojek online. Bebas saja. Yang paling murah sih Trans Jakarta yang rutenya pas banget melewati Museum. Nanti, kamu bisa turun di Halte Monas dan jalan kaki ke Museum Nasional yang berada tepat di sisi kiri dari Halte Monas. Lokasi tepatnya sebagai berikut: Jl. Merdeka Barat nomor 12, Jakarta Pusat. Sedikit catatan, museum tersebut tutup di hari libur dan hari Senin, ya. Jadi, jangan datang di waktu tersebut. Selain itu, jam buka khusus untuk hari Jumat dan Sabtu juga terbilang singkat, yaitu mulai dari jam 8.30 pagi sampai 11.30 saja. Setelahnya, kamu bisa berkeliling ke tempat wisata di Jakarta lainnya yang masih berdekatan dengan Museum Nasional.[***]

loading...