HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Salut untuk Masyarakat Aceh, Kembalikan Paus ke Habitatnya

0 102

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Luar biasa, itu kata pantas ditasbihkan untuk masyarakat Aceh yang sudah menyelamatkan mamalia langka Paus kembali ke habitatnya.

Sepuluh ekor paus terdampar di desa Pantai Ujong Kareung, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar diselamatkan warga setempat bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Panglima Laot, Unsyiah, SAR, FFI, Koramil, Polairut dan WWF mendapat apresiasi dari masyarakat luas.

Keberadaan paus ini terletak sekitar 15 meter dari bibir pantai. Dua ekor paus dikabarkan terluka. Hewan ini mulai merapat ke pinggir pantai sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (13/11/2017).

Sampai sekarang, dua kapal petugas bersiaga untuk mearik paus ini ke tengah laut. Puluhan petugas turun ke dalam air dan mendekat paus, sebagian dari mereka menyiram air ke mamalia tersebut dengan timba.

“Satu ekor sudah ditarik ke tengah laut, ini lagi proses kedua. mudah-mudahan berhasil,” kata Komandan Koramil Mesjid Raya, Mayor Bukhari ke awak media.

Ia juga menyebutkan dari 10 paus yang terdampar tersebut dua diantaranya mengalami sakit di bagian mulutnya. “Saya liat ada luka di bagian mulut dua ekor paus itu,” ujarnya.

Hingga sekarang proses penarikan kawanan paus itu masih berlangsung dengan menggunakan kapal.

Sekedar pengetahuan, 10 hewan mamalia yang terdampar tersebut dilansir dari wikipidia merupakan paus Sperma atau Paus Kepala Kotak yang dalam bahasa latinnya  physeter macrocephalus yaitu hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesar di dunia. Bila sudah dewasa beratnya berkisar 35.000 – 57.000 kg, panjangnya 12 meter dan jangka waktu hidupnya 70 tahun.

Berbagai Sumber

loading...