HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Akibat Tanah Longsor, 5 Tewas dan 15 Hilang di Chile

Tanah longsor yang melanda desa terpencil di Chile. (Foto: AFP)
0 67

HARIANACEH.co.id, SANTIAGO — Setidaknya lima orang tewas dan 15 lainnya hilang akibat tanah longsor yang melanda sebuah desa kecil di Chile bagian selatan.

Bencana alam ini terjadi tepatnya di wilayah dari kota terpencil di Villa Santa Lucia, dekat Chaiten di pesisir Patagonia, semalam, waktu setempat.

“Empat warga lokal dan satu pria yang kewarganegaraannya belum diketahui, dinyatakan tewas,” kata polisi setempat, dikutip dari CBS, Senin 18 Desember 2017.

Sebuah video yang direkam dari helikopter pun menunjukkan desa tersebut terendam lumpur akibat tanah longsor jatuh ke lembah sungai yang banjir.

Petugas penyelamat terus mencari setidak-tidaknya 15 orang lagi yang masih hilang.

Tanah longsor juga menghancurkan sebuah sekolah dan beberapa rumah serta jalan raya itu terjadi menjelang pelaksanaan pemilihan presiden Chile yang akan digelar pada hari Minggu, waktu setempat.

Presiden Michelle Bachelet menyatakan wilayah itu sebagai daerah rawan bencana.

“Saya telah memerintahkan petugas penyelamat untuk mengerahkan segala sumber daya yang diperlukan untuk menyelamatkan warga Villa Santa Lucia,” tegas Bachelet.

Kementerian Dalam Negeri Chile menyatakan bahwa curah hujan akan cukup lebat dalam 24 jam ke depan. Namun, keadaan cuaca diharapkan dapat membaik dalam beberapa hari ke depan.

Villa Santa Lucia berbatasan dengan Taman Nasional Corcovado, sebuah tempat wisata gunung berapi terkenal, dataran tinggi dan hutan yang luas. Gunung berapi Chaiten yang terletak di dekatnya, meletus pada 2008, memaksa ribuan warga mengungsi.

Sumber:

Metrotvnews.com

Komentar
Sedang Loading...
Memuat