HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kaka Resmi Pensiun Dari Sepakbola Profesional

Kaka (Foto: Twitter)
0 502

HARIANACEH.co.id, RIO DE JANEIRO — Mantan bintang AC Milan dan timnas Brasil Ricardo Izecson dos Santos Leite, atau yang akrab disapa Kaka mengumumkan secara resmi pengunduran dirinya sebagai pesepakbola profesional.

Kaka mengungkapkan niatnya untuk meninggalkan Orlando City saat kontraknya habis bulan ini. Pria berusia 35 tahun ini telah memilih untuk tidak melanjutkan kariernya di klub lain.

“Kata terakhir saya adalah bahwa siklus karier saya sebagai pemain profesional berakhir di sini,” ucap Kaka dalam sebuah wawancara dengan TV Globo.

“Saya butuh waktu untuk berpikir dan membuat keputusan yang sangat tenang dan sangat sadar akan apa yang ingin saya lakukan dengan kehidupan profesional saya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Kaka juga memberikan sinyal bahwa dirinya tak sepenuhnya meninggalkan dunia sepak bola. Ia masih ingin terkait dengan dunia yang telah membesarkannya.

“Sekarang saya akan bersiap untuk melanjutkan sepak bola meski memiliki fungsi lain, tapi saya tidak akan menjadi pemain profesional, atau atlet. Saya ingin menjadi bagian dari klub dalam bentuk yang berbeda, seorang manajer, direktur olahraga, seseorang yang beroperasi di antara klub dan klub,” terangnya.

Kaka memulai kariernya di Sao Paulo pada 2001 dan merupakan bagian dari skuat Brasil saat menjuarai Piala Dunia Korea Jepang 2002, di bawah asuhan Luiz Felipe Scolari.

Setelah tiga musim di tim utama Sao Paulo, ia bergabung bersama Milan pada 2003, bergabung dengan tim yang saat itu dihuni Cafu, Paolo Maldini, Clarence Seedorf, dan Andrea Pirlo.

Dengan cepat Kaka menjadi favorit para pendukung Rossoneri. Ia membantu Milan meraih gelar Serie A di musim pertamanya dan mencetak 101 gol pada 287 penampilan.

Pada 2009, raksasa Eropa, Real Madrid berhasil menebusnya dengan rekor pembelian 68 juta euro dari San Siro. Meski harga tersebut langsung tertutup oleh pembelian Cristiano Ronaldo dari Manchester United.

Kaka gagal meniru penampilan terbaiknya di Madrid. Ia lebih disibukkan dengan cedera lutut serius dan membuatnya kembali ke Milan pada 2013.

Periode kedua gelandang serang dengan Rossoneri berlangsung satu musim, sebelum ia menuju MLS untuk bergabung bersama Orlando City, dan sempat dipinjamkan ke klub masa kecilnya, Sao Paulo.

Di level timnas, Kaka membuat 92 penampilan untuk Brasil. Meraih dua gelar Piala Konfederasi dan menjuarai Piala Dunia 2002.

Kaka terakhir tampil untuk Selecao saat menang 2-0 atas Panama pada Mei 2016. Ia juga sempat masuk dalam skuat Dunga untuk Copa America Centenario, namun terpaksa mengundurkan diri karena cedera hamstring.

Setelah tiga musim di level klub di Amerika Serikat, Kaka memilih untuk tidak melanjutkan kariernya dengan Milan atau Sao Paulo, sebab ia baru memulai latihannya untuk menjadi direktur olahraga.

Sumber:

Metrotvnews.com

Komentar
Sedang Loading...
Memuat