Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Tahun 2022, BI Perkirakan Ekonomi Indonesia Capai 6%

HARIANACEH.co.id, JAKARTA —¬†Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa menyentuh angka enam persen pada empat tahun mendatang atau tepatnya di 2022. Hal itu sejalan dengan prediksi tingkat inflasi yang bergerak sesuai keiginan di kisaran 2-4 persen pada periode tersebut.

Adapun rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di angka lima persen di sepanjang 2017 ini. Pemerintah bersama dengan Bank Indonesia terus bersama-sama menjaga momentum pertumbuhan ekonomi agar bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

“Terkait dengan pertumbuhan ekonomi kami sampaikan di 2022 itu ada di 5,8-6,2 persen. Kalau dicari titiknya maka pada 2022 ada di enam persen,” kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo, di Gedung BI, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Desember 2017.

Meski banyak kalangan menyebut proyeksi ekonomi Indonesia terbilang tinggi, namun Agus menilai angka itu bisa dicapai yakni dengan catatan komitmen pemerintah tetap dijalankan terkait reformasi struktural di sektor infrastruktur, instansi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan inovasi.

Adapun untuk proyeksi pertumbuhan ekonomi di 2018, pria yang lahir pada 1956 ini menilai, bisa mencapai 5,1-5,5 persen. Sejalan dengan ekonomi Indonesia yang membaik, sambungnya, tingkat neraca transaksi berjalan yang defisit akan membaik di 2022. Posisi defisitnya tidak lebih dari dua persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Jadi nanti akan ada sedikit kenaikan defisit di 2018, yaitu 2-2,5 persen dari PDB. Kemudian akan membaik di bawah dua persen,” terang Agus Marto.

Sedangkan di 2017 ini, BI telah memprediksi defisit transaksi berjalan akan terkendali di bawah dua persen terhadap PDB didukung oleh kenaikan surplus nonmigas di tengah defisit neraca jasa dan neraca pendapatan primer yang cukup besar. Pengelolaan ekonomi yang lebih maksimal diperlukan agar defisit bisa terus terjaga di level yang aman.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya