Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

KIP Abdya Usulkan Perubahan Dapil ke KPU Pusat

HARIANACEH.co.id,BLANGPIDIE — Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengusulkan perubahan daerah pemilihan (Dapil) di tingkat Kabupaten setempat dari sebelumnya 3 dapil di usulkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi 4 dapil.
Usulan perubahan tersebut berlangsung dalam acara uji publik usulan pemilihan Dapil pada pemilihan umum tahun 2019 tingkat Kabupaten Aceh Barat Daya yang berlangsung di Blangpidie Kamis (8/2/2018).
Ketua KIP Abdya, Elfiza dalam acara tersebut mengatakan, jumlah Dapil dan alokasi kursi di wilayahnya untuk Pemilu 2019 tidak ada yang berubah dengan pemilu sebelumnya.
“Pelaksanaan uji publik dimaksud perlu dilakukan sebagai salah satu tahapan pemilu dan juga untuk mendapat tanggapan publik yang akan menjadi masukan bagi KPU pusat,” ujarnya.
Ketua Panwaslu Abdya, Ilman Saputra mengatakan, usulan perubahan dapil di Abdya bisa dilakukan dengan catatan harus sesuia dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.
“Kita hanya mengusulkan tetapi usulan ini akan diputuskan di KPU pusat, artinya, semua masukan kita terima tentu dengan alasan yang kita sampaikan ke sana harus masuk akal, rasional dan tidak bertentangan dengan aturan yang ada,” imbuhnya.
Amatan HARIAN ACEH, perubahan dapil dari sebelumnya 3 dapil di usulkan menjadi 4 masing masing, Kecamatan Bababahrot dan Kuala Batte menjadi Dapil 1, Kecamatan Susoh dan Jeumpa Dapil 2, Kecamatan Blangpidie, Setia dapil 3 dan Kecamatan Tangan-tangan, Manggeng, Lembah Sabil dapil 4.
Selain itu, juga ada usulan perombakan peta geografis Dapil, artinya Dapil di Abdya tetap 3 dapil seperti sebelumnya, namun yang berubah hanya Peta Geografisnya yaitu Kecamatan Babahrot, Kuala Batee, Jeumpa menjadi Dapil 1, Kecamatan Susoh, Blangpidie Setia, menjadi dapil 2 dan Kecamatan Tangan-tangan, Manggeng dan Lembah Sabil menjadi dapil 3.
Acara yang berlangsung setengah hari itu dihadiri oleh, Ketua DPRK Abdya Zaman Akhli, Kasidatun Kejari Abdya Darma Mustika, Kabag Ops Polres Abdya AKP Bayu Awang Marantika, Ketua KIP Abdya, Elfiza beserta Komisioner, Ketua Panwaslu Abdya Ilman Saputra, Danramil 01 Blangpidie Kapten Inf Raden S Nuri, perwakilan parpol dan seluruh undangan lainnya.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya