HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kini Sudah Ada Kayu Olahan Sekuat Baja dan Harganya Murah

Dua ilmuwan Amerika Serikat yang mengolah kayu jadi bahan sekuat baja. FOTO/XINHUA/Hua Xie
0 527

HARIANACEH.co.id — Peneliti Amerika Serikat telah mengembangkan cara sederhana untuk membuat kayu sekuat baja atau bahkan paduan titanium. Hasilnya nanti bisa jadi bahan bangunan, mobil, dan pesawat.

“Cara baru dalam pengolahan kayu ini menjadikan sumber dari pohon itu jadi 12 kali lebih kuat dari kayu alami dan 10 kali lebih keras. Ini bisa menjadi pesaing baja atau bahkan paduan titanium, sangat kuat dan tahan lama. Keringanannya sebanding serat karbon, tapi jauh lebih murah,” kata Associate Professor dari University of Maryland, Liangbing Hu.

Sebagaimana disadur dari Xinhua, Rabu (14/2), menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature, prosesnya dimulai dengan melepas lignin kayu, bagian yang membuatnya berwarna coklat dan kaku.

Kemudian dikompresi pada suhu 100 derajat celcius selama sekitar satu hari. Proses ini membuat kayu lima kali lebih tipis dari ukuran aslinya. Proses pembuatannya diperpanjang sedikit lebih jauh dengan lapisan cat.

“Serabut kayu ditekan sedemikian erat sehingga bisa membentuk ikatan hidrogen yang kuat, seperti kerumunan orang yang tidak dapat bergerak – yang juga berpegangan tangan,” pungkas mereka.

Profesor Teng Li, selaku pimpinan eksperimen ini, mengukur sifat mekanik kayu yang padat dan menganggapnya sekuat baja, namun enam kali lebih ringan. Temuan mereka diklaim bisa ditekuk dan dibentuk pada awal proses pembuatan.

Kayu Olahan sekuat Baja
Kayu Olahan sekuat Baja. FOTO/XINHUA/Hua Xie

Tim juga menguji materi tersebut dengan menembak proyektil peluru. Hasilnya, kayu itu menghentikan laju proyektil, berbeda dengan kayu biasa yang tembus saat ditembak.

Seorang profesor di Brown University, Huajian Gao, yang tidak terlibat dalam penelitian, menyatakan bahwa hasil temuan itu memberikan rute yang sangat menjanjikan untuk merancang bahan struktural berkinerja tinggi yang ringan, dengan potensi yang luar biasa untuk berbagai aplikasi di mana kekuatan, ketangguhan, dan ketahanan banyak diminati.

“Sangat menarik untuk dicatat bahwa metode ini serbaguna untuk berbagai jenis kayu dan cukup mudah diterapkan,” jelas Gao.[]

Komentar
Sedang Loading...
Memuat