Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

TIps

Tersumbat Karena Sinus? Begini Cara Efektif Meredakannya

HARIANACEH.co.id – Jika Anda kerap bangun tidur dengan kondisi pilek, hidung tersumbat, susah bernapas, dan ada rasa tertekan pada telinga (namun semua gejala ini menghilang beberapa jam kemudian), bisa jadi ini merupakan gejala sinus.

Tak perlu buru-buru panik dan berpikir untuk mengatasinya dengan operasi, karena seperti dilansir dari Asia One, gejala sinus bisa dikurangi dengan beberapa cara sederhana ini:

1. Humidifier

Udara yang kering bisa menyebabkan sinus menjadi parah. Coba gunakan humidifier atau alat pengatur kelembapan di kamar tidur Anda. Pasang saat malam hari agar Anda terhindar dari berbagai gejala sinus seperti pilek dan hidung tersumbat di pagi hari. Tapi, jangan lupa untuk rutin membersihkan humidifier, ya.

2. Minum air

Minum air dalam jumlah cukup akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, dan menjaga kondisi sinus Anda tetap lembap. Yang terbaik adalah minum air putih. Hindari minum the atau kopi yang mengandung kafein karena akan membuat tubuh menjadi dehidrasi.

3. Makan makanan panas

Uap panas yang berasal dari makanan akan membantu mengencerkan lendir. Anda bisa memilih sup ayam panas yang biasa digunakan oleh para pasien flu untuk meringankan hidung tersumbat. Sebuah penelitian dari AS yang diterbitkan di Chest Journal menemukan bahwa sup ayam bersifat anti inflamasi yang dapat memperbaiki kondisi infeksi saluran pernapasan bagian atas.

4. Singkirkan semua alergen

Jika sinus Anda disebabkan oleh alergen tertentu, seperti debu atau bulu hewan, salah satu cara untuk meredakan gejalanya adalah dengan menghindari alergen tersebut. Mulailah lakukan pembersihan area rumah untuk memastikannya bebas alergen. Hindari karpet yang biasanya menyimpan debu dan bulu binatang, bersihkan gorden, dang anti seprai secara teratur.

5. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan tak akan pernah ada ruginya. Mulailah dari diri Anda sendiri, misalnya dengan rajin mencuci tangan setiap kali habis memegang sesuatu, termasuk memegang wajah Anda sendiri.

6. Mandi air hangat

Panas dan uap dari air hangat akan membantu meredakan masalah hidung tersumbat. Mandilah di kamar mandi yang tertutup, dan hirup uap hangat yang dihasilkan dari air mandi Anda. Alternatif lainnya, Anda bisa menghirup uap hangat yang berasal dari semangkok air panas yang diletakkan di depan wajah.

7. Kompres panas

Jika tekanan di sinus mulai membuat Anda sakit kepala, coba kompres area di sekitar hidung dengan kain yang telah direndam di dalam air panas sebelumnya. Cara ini bisa membantu mengurangi tekanan pada sinus dan meredakan sakit kepala Anda.

8. Olahraga ringan

Jalan cepat atau jogging dapat membantu meredakan gejala sinus. Saat berolahraga, Anda akan menarik napas dalam-dalam, dan hal tersebut akan melegakan hidung yang tersumbat.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya