Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Operasi Keselamatan Rencong 2018

Kapolres Abdya : Hindari Kecelakaan Sebelum Timbul Rasa Penyesalan

HARIANACEH.co.id, BLANGPIDIE – Rasa penyesalan memang selalu datang belakangan. Agar tidak timbul rasa menyesal, diperlukan sebuah petimbangan dan kehati-hatian dalam kehidupan, tak terkecuali saat berada dijalan raya. Apalagi, fatalitas jalan raya sering dijuluki sebagai mesin pembunuh nomor tiga di dunia.

Ternyata, banyak faktor yang menyebakan tingginya angka kecelakaan berlalulintas. Bukan berarti, angka kecelakaan tidak bisa ditekan. Kuncinya, bagaimana kita bisa sama-sama menjaga keselamatan dan ketertiban dalam berlalulintas. “Kuncinya, bagaimana sama-sama menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dalam berlalulintas,” kata Kapoles Abdya, AKBP Andy Hermawan kepada HARIANACEH.co.id Selasa (6/3/2018) di Blangpidie.

Perwira Menengah ini menuturkan, berbagai upaya dan pendekatan sedang dan telah dilakukan kepada lapisan masyarakat, guna menekan angka kecelakaan lalulintas di wilayah hukumnya tak terkecuali ditingkat pelajar.

“Dalam rangka kegiatan operasi keselamatan rencong 2018 ini. Polri berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan berbagai macam upaya pemahaman kepada masyarakat dan stakeholder agar taat dan tertib berlalulintas sehingga angka kecelakaan, bisa berkurang,” imbuh AKBP Andy Hermawan.

Kapolres menjelaskan, tren modifikasi kenderaan diluar standar yang sering diminati oleh kaulamuda dan anak sekolah, ternyata menjadi katagori timbulnya kecelakaan berlalulintas dijalan raya.

bagaimana tidak kata Andy Hermawan, kenderaan yang tidak dilengkapi kaca spion, lampu rem yang tidak sesuai standar yang diubah menjadi putih sehingga menggangu pandangan pengendaraa lain karena pantulan cahaya yang cukup silau termasuk pengunaan kanelpot racing yang kerap menganggu kenyamanan oleh suara bising kanelpot tersebut.

itu sebabnya, Andy Hermawan menghimbau kepada pemilik motor, bengkel dan penjual onderdil untuk tidak lagi mengunakan, memasang dan menjual yang bisa memicu timbulnya angka kecelakaan berlalulintas.

Ia membericontoh, misalnya pengendara yang mengunakan kanalpot recing jelas-jelas sangat menganggu kenyamanan pengguna jalan lain maupun penduduk yang dilewati oleh kenderaan tersebut.

contoh lain katanya, sepeda motor yang tidak dilengkapi kaca spion, jika dalam kecepatan tertentu dengan hitungan sepersekian detik juga bisa menyebabkan kecelakaan, saat pengendara menoleh kebelakang, begitupula dengan lampu rem yang sudah di desain oleh desainer motor agar tidak diubah-ubah.

Kepada Kepala Dinas Pendidikan Abdya, Kapolres berpesan, untuk senantiasa memberikan sosialisasi sehingga pemahaman tentang bagaimana Kamseltib lantas bisa dipahami oleh seluruh peserta didik.

“Disamping, Kasat Lantas, Kasat Bimas menjadi inspektur disekolah-sekolah setiap hari senin memeberikan sosialisai Kamselti Lantas kepada para pelajar,” harap AKBP Andy Hermawan.

Himbauan serupa juga disampaikannya kepada setiap orang tua untuk menegur, mengingatkan kepada anaknya agar tidak ngebut-ngebutan dijalan raya karena kecelakaan lalulintas banyak menyebabkan korban meningal dunia, cacat dan sebagainya, oleh karena itu AKBP Andy Hermawan mengajak untuk mencegah yang sifatnya membahayakan karena menurutnya, lebih baik dicegah dari pada nantinya timbul rasa penyesalan. Demikian harapnya. []

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya