TPI Kuala Leuge 20 Tahun Terbengkalai

1 min


44
40 shares, 44 poin
TPI Kuala Leuge 20 Tahun Terbengkalai

HARIANACEH.co.id, Aceh Timur — Tempat Pendaratan Ikan (TPI) di Desa Kuala Leuge, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur sudah 20 tahun terbengkalai, tidak pernah tersentuh pembangunannya.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Aceh Timur, Mahyuddin menuturkan, kondisi TPI tersebut sangat memprihatinkan. Bahkan nyaris tak bisa digunakan oleh nelayan setempat.

“Kondisinya cukup memprihatinkan. Selana dua puluh tahun tak ada sentuhan pembangunan. Walau acap diusulkan pada berbagai kesempatan,” sebut mantan Geuchik Kuala Leuge ini, di Peureulak, Kamis (8/3/2018).

Menurutnya, keberadaan TPI sangat dibutuhkan oleh nelayan setempat, sebagai sarana pendaratan ikan hasil tangkapan mereka.

Padahal, kata dia, bila TPI tersebut dibangun maka akan meningkatkan perekonomian masyarakat dikawasan pesisir itu.

Advertisements

“Kondisi seperti ini jelas sekali terlihat bila kami warga pesisir seperti anak tiri dalam hal pembangunan daerah,” ungkap Mahyuddin.

Selain kondisi dermaga TPI yang tak layak lagi untuk bongkar muat ikan, disebutkan muara di sekitar TPI juga menggalami pendangkalan dan diperlukan adanya pengerukan.

“Padahal kalau Desa Kuala Leuge merupaka penghasil ikan terbesar di Kecamatan Peureulak, namun dengan kondisi dermaga yang sangat memprihatinkan menjadi sebuah tanda bahwa kami yang hidup dipesisir selalu di anak tirikan, padahal masyarakat sangat berharap TPI ini akan segera dibangun untuk masyarakat nelayan agar mudah dalam keperluan bongkar muat,” ujarnya.

“Kondisi muara yang sudah dangkal juga menambah keluhan bagi para nelayan yang keluar masuk kuala, sehingga harus menunggu air laut pasang baru bisa masuk ke muara,” jelasnya.

Advertisements

Ditambahkan, kondisi daratan di bibir kuala juga sudah longsor akibat abrasi air pasang sehingga mengakibatkan terkikisnya sebagian daratan. Hal itu, menjadi ancaman bagi rumah penduduk yang berada di tepi kuala tersebut.

“Sudah beberapa tahun kondisinya masih seperti itu, bahkan TPI dan tanggul bibir kuala sudah beberapa kali diusulkan namun tidak membuahkan hasil. Jadi kepada pihak terkait mohon kepedulian terhadap kami masyarakat pesisir yang menggantungkan hidup dari hasil laut,” harap Mahyuddin mewakil masyarakat setempat. (Her)

Advertisements

Bagikan ke teman anda!

44
40 shares, 44 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
26
Suka
Takjub Takjub
24
Takjub
Kaget Kaget
21
Kaget
Takut Takut
18
Takut
Lucu Lucu
16
Lucu
Sedih Sedih
10
Sedih
Marah Marah
8
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns