Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Empat Desa di Aceh Barat, Terapkan Informasi Terbuka

HARIANACEH.co.id, Meulaboh-Empat Desa Binaan MaTA, Seknas Fitra dan Kompak, di Aceh Barat, mulai menerapkan sistim infomasi terbuka yang bebas diakses semua orang tampa terkecuali, yakni Desa Krueng Tingai dan Cot Seumeureung Kecamatan Samatiga, serta dua lainya yaitu Desa Tamping dan Blang Teungoh Kecamatan Panton reu.

Koordinator Wilayah Aceh Barat, Amel kepada wartawan di Meulaboh(19/03/18) mengatakan, program itu di inisiasi oleh tiga Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) tersebut, terkait keterbukaan informasi publik.

Advertisement

Advertisement

“di Aceh belum ada desa yang menerapkan informasi terbuka ke publik untuk bisa diakses secara bebas” katanya.

lebih lanjut Amel menambahkan, sekarang pihaknya terus memperluas informasi ini ke seluruh gampong di Aceh, sitem informasi ini ada dua model, yakni Informasi terbuka dan Informasi yang dikecualikan.

Menurut Amel, Setiap informasi perlu dilakukan uji konsekwensi sehingga melahirkan kesimpulan bahwa suatu informasi masuk sebagai informasi terbuka atau informasi yang dikecuaikan

Daftar informasi public adalah seluruh informasi yang dibuat dan menyangkut kepentingan masyarakat dan sanggup dikuasai oleh badan public.

selama ini dua Desa tersebut, yaitu Krueng Tinggai dan Cot Seumereung sudah terbiasa dengan sistem ini, meski demikian kata Amel, cara untuk memperoleh informasi di desa ada juga prosuder yang harus di penuhi oleh pihak ingin memperoleh infosi.

Seperti, orang yang meminta informasi, pertama harus ada surat permohonan informasi dan jika tidak membawa surat informasi harus menandatangini surat permohonan yang telah disediakan oleh PPID. serta harus ada kejelasan kenapa informasi tersebut diperlukan, demikian amel.[]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya