Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Sosial Ekonomi

Legislator: Saatnya Tamiang Miliki Bank

HARIANACEH.co.id, Aceh Tamiang — Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Asrizal H Asnawi menilai sudah saatnya Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang memiliki bank daerah sendiri, guna menopang perekonomian rakyat diperbatasan paling timur Aceh tersebut.

“Kondisi perekonomian Aceh Tamiang sudah layak dikelola sebuah bank sendiri yang didirikan oleh pemerintah setempat,”
sebut politisi Partai Amanat Nasional tersebut ketika dihubungi dari Kualasimpang, Kamis (22/3/2018).

Dia mengatakan, keberadaan bank Aceh dirasa belum optimal memberikan sentuhan ekonomi bagi pertumbuhan income percavita masyarakat dikabupaten tersebut.

“Ya, selama ini Bank Aceh memberikan kepercayaan kan baru kepada PNS saja untuk menyimpan dan memberlakuan akad kredit untuk menunjang perkembangan ekonomi bagi para PNS”, jelas Asrizal.

Menurutnya, Bupati Aceh Tamiang harus sudah memikirkan membangun Bank Daerah Aceh Tamiang berbasis Syari’ah, jika melirik tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat yang kian menampakkan angka pendapatan pada level yang sangat signifikan.

Masyarakat Aceh Tamiang, lanjutnya, 84 persen adalah buruh tani dan kebun diperusahaan perkebunan besar pemegang Hak Guna Usaha (HGU) selain menggarap lahan pertanian dan perkebunan milik sendiri.

“Saya berharap hadirnya Bank Daerah berbasis syari’ah ini bisa menjadi akad kredit petani dan pekebun, yang sebelumnya mereka buruh diperusahaan perkebunan pada akhirnya mereka memiliki perkebunan dan pertanian sendiri dengan dibantu oleh Bank Daerah”, katanya.

Selain itu, ia menilai, masyarakat juga akan terbebas dari jeratan rentenir yang selama ini menghantui usaha tani mereka, celakanya petani dipaksa harus menjual hasil komoditinya kepada para rentenir atau tengkulak dalam mencari keuntungan berlipat ganda dari cara cara yang keji dengan harga sangat rendah yang tetapkan.

“Inilah yang harus dibaca pemerintah, sehingga keberadaan perbankan milik daerah setempat mrnjadi urgensi dalam mendongkrak perekonomian rakyat,” pungkas legislator asal daerah pemilihan Aceh 7 yang meliputi Aceh Tamiang dan Kota Langsa ini. (Her)

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya