.

Bakteri Mematikan yang Sering Ada di Produk Susu Namanya Listeria

2 min


72
26 shares, 72 poin

HARIANACEH.co.id – Jenis penyakit mematikan yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang sudah terinfeksi oleh sejenis bakteri dikenal dengan nama Listeria atau nama lainnya dalam istilah ilmiah disebut Listeria Monocytogenes.

Infeksi ini merupakan penyebab beberapa kematian. Orang lanjut usia, perempuan hamil, bayi yang baru lahir dan mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah cenderung rentan terhadap infeksi ini. Sebaliknya, ini merupakan kasus yang jarang terjadi pada orang dewasa yang sehat.

Sayangnya, sangat sulit untuk mengetahui bahwa seseorang sedang mengalami sakit yang dipengaruhi oleh listeria. Pasalnya, gejala ini muncul sangat lambat (masa inkubasi adalah 3 hingga 70 hari), gejala umum listeria termasuk demam, nyeri otot dan kadang orang yang terinfeksi mungkin menunjukkan gejala mual atau diare.

Seperti dikutip dari situs Boldsky, setelah infeksi menyebar dan mempengaruhi sistem saraf, seseorang mungkin dilaporkan menunjukkan gejala lain seperti sakit kepala, kehilangan keseimbangan, leher kaku, dan lainya.

Sementara untuk perempuan hamil, mungkin muncul lebih seperti flu biasa, tetapi dapat beresiko untuk janin atau bayi yang baru lahir. Mungkin menyebabkan keguguran, kelahiran mati, kelahiran prematur dan infeksi yang fatal bagi bayi baru lahir.

Berulang kali, ada wabah listeria yang telah membuat orang sakit dan juga menyebabkan hilangnya nyawa para korban. Wabah yang mengancam jiwa ini bahkan sering dikaitkan dengan produk susu, terutama keju.

Mari kita pahami penyebab infeksi ini dan bagaimana penularannya ke tubuh kita.

Infeksi ini disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh bakteri Listeria Monocytogenes. Seseorang mungkin terinfeksi Listeria melalui makanan dan cairan yang terkontaminasi. Meskipun itu bukan infeksi menular, inu dapat ditularkan ke bayi yang baru lahir jika ibu terinfeksi selama kehamilan.

Orang yang terkena gejala ringan infeksi ini tidak memerlukan perawatan khusus. Jika infeksi itu parah dan serius, maka dapat diobati dengan bantuan antibiotik. Dengan demikian, pengobatan listeria tergantung pada tingkat keparahan infeksi.

Bakteri ini dapat ditularkan ke tubuh kita dari sayuran, yang terkontaminasi dari tanah atau kotoran yang digunakan sebagai pupuk, karena bakteri tersebut ditemukan di tanah dan air.

Bakteri ini juga dibawa oleh hewan yang dapat mencemari daging dan produk susu. Makanan yang diproses, seperti keju dan produk yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi dapat terkontaminasi dengan bakteri ini. Bakteri juga dapat bertahan hidup di pabrik pengolahan makanan dan dengan demikian mencemari daging olahan.

Lantas, bagaimana cara mencegah serangan Listeria? Saat berbelanja, pastikan Anda memisahkan antara barang-barang daging dan unggas dengan barang-barang lainnya. Simpan semua makanan dengan benar. Listeria dapat tumbuh di lingkungan yang dingin.

Jadi kulkas Anda sebenarnya bisa menjadi tempat potensial untuk infeksi ini tumbuh. Jagalah agar kulkas tetap bersih saat menyimpan daging, ikan, atau unggas. Selalu merupakan ide yang baik untuk menyadari kapan harus menggunakan makanan yang mengacu pada label paket. Cuci semua makanan mentah di bawah air ledeng.

Juga, perlu menjaga tingkat kebersihan saat memasak dan menangani makanan. Masak makanan setelah mencuci tangan, pastikan untuk mencuci pisau, papan talenan dan alat-alat lain yang digunakan untuk memasak.

Penting untuk memasak makanan secara menyeluruh dan juga memanaskan kembali makanan dengan benar. Dianjurkan untuk membuang produk yang sudah tidak segar dan menghindari produk siap makan.

Hati-hati saat mengonsumsi produk susu mentah, karena kuman listeria lebih mungkin tersembunyi dalam produk susu yang terbuat dari susu mentah yang tidak dipasteurisasi.

Jika Anda mengidap infeksi ini, perhatikan tanda dan gejala dan lebih baik segera hubungi dokter. Perawatan yang cepat dengan antibiotik dapat menyelamatkan nyawa Anda. Melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan makanan, Anda dapat mencegah kontak infeksi ini.

0/5 (0 Reviews)

Komentar


Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
10
Suka
Takjub Takjub
9
Takjub
Kaget Kaget
8
Kaget
Takut Takut
6
Takut
Lucu Lucu
5
Lucu
Sedih Sedih
2
Sedih
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Gif
GIF format