Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Ini Alasan Sebaiknya Tidak Menggunakan Sepatu di Dalam Ruangan

HARIANACEH.co.id – Ketika pulang ke rumah setelah hari yang melelahkan maka tentu Anda pernah lupa untuk melepas sepatu yang Anda kenakan. Bahkan mungkin ada di antara Anda yang langsung menjejak tempat tidur dengan pakaian lengkap dan sepatu tanpa disadari.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan semacam ini dapat membahayakan kesehatan Anda karena sepatu membawa gerombolan bakteri ke dalam rumah. Hal ini diungkapkan sebuah penelitian yang dilakukan Dr Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi dan profesor di University of Arizona yang menemukan bahwa sepatu rata-rata mengandung 421.000 unit bakteri di bagian luar dan 2.887 bakteri di bagian dalam sepatu.

Advertisement

Advertisement

Dr Gerba dan timnya menemukan berbagai jenis bakteri berbahaya pada sepatu, termasuk Escherichia coli, Klebsiella pneumonia dan Serratia ficaria yang semuanya dapat menyebabkan infeksi berbahaya.

“Mikroba ada di sekitar kita dan akan melekat pada permukaan yang bersentuhan dengan mereka,” ujar Michael Loughlin, dosen di Nottingham Trent University seperti dikutip Independent.

Loughlin mengatakan bahwa umumnya bakteri yang ditemukan pada sepatu berasal dari permukaan yang kita lalui sehari-hari. Itu sebabnya ia mengimbau Anda untuk benar-benar membersihkan sepatu ketika tak sengaja melewati permukaan jalan yang terdapat kotoran hewan.

“Jadi jika Anda berjalan melewati kotoran anjing atau hewan mamalia lainnya pastikan Anda membersihkan permukaan sepatu Anda karena mereka mungkin mengandung bakteri yang dapat membahayakan kita,” ujar Loughlin.

Sepatu baru juga bukan jaminan terhindar dari bakteri. Sebuah studi Dr. Gerba menemukan bahwa sepasang sepatu baru yang dikenakan selama dua minggu dapat mengandung 440.000 unit bakteri. Membersihkan sepatu dengan deterjen dilaporkan dapat mengurangi jumlah bakteri keseluruhan pada sepatu setidaknya 90 persen.

“Pada dasarnya, ketika Anda memakai sepatu Anda di sebuah rumah, Anda membawa semua yang Anda injak pada siang hari,” ujar Jonathan Sexton, seorang manajer laboratorium di University of Arizona menambahkan.

Jadi, jika sepatu Anda terlihat sangat kotor dan terutama jika Anda berjalan melewati kotoran hewan, pastikan Anda membersihkan sepatu Anda sesegera mungkin sebelum memakainya di dalam ruangan.[]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya