Kaum Pria di Aceh Lebih Dominan Menderita Penyakit HIV/AIDS & Syphilis

1 min


77
19 shares, 77 poin
HIV/AIDS
Ilustrasi HIV/AIDS. FOTO/Gowest.id

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh – Kaum pria di Aceh hingga tahun 2016 saja, rata-rata mendominasi terjangkiti penyakit HIV, AIDS dan Syphilis. Dari data Profil Kesehatan Aceh Tahun 2016 yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia, penderita AIDS laki-laki empat kali lebih besar dari perempuan.

Hingga tahun 2016, jumlah kasus baru HIV Positif sebanyak 53 kasus. Sedangkan AIDS yang ditemukan adalah 62 kasus.

Seperti dilansir aceHTrend, proporsi penderita AIDS pada laki-laki sebanyak 81% (50 kasus) lebih tinggi dibandingkan pada perempuan yang hanya mencapai angka 19% (12 kasus). Kasus baru AIDS menurut kelompok umur, tertinggi terdapat pada umur 25 – 49 tahun sebanyak 47 kasus, kemudian diikuti oleh kelompok umur antara 20 – 24 tahun yang berjumlah 8 kasus. Kelompok umur tersebut masuk ke dalam kelompok umur produktif yang aktif secara seksual.

Jumlah Kasus Baru HIV Positif di Aceh
Jumlah Kasus Baru HIV Positif di Aceh sampai Tahun 2016. GRAFIK/Dinas Kesehatan Pemerintah Aceh

Untuk penyakit syphilis, proporsi menurut jenis kelamin 93% kasus diantaranya terdapat pada laki-laki (25 kasus) dan 7% pada perempuan (2 kasus).

Sementara jika dikelompok sesuai urutan umur, maka penyakit syphilis lebih banyak tarjangkit pada kelompok usia antara 25 – 49 tahun yaitu ada 23 kasus (85%) kemudian diikuti kelompok usia 20 – 24 tahun sebanyak 3 kasus (11%) dan usia di atas 50 tahun hanya 1 kasus (4%).

Advertisements

HIV/AIDS merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Infeksi penyakit ini menyebabkan para penderita mengalami penurunan ketahanan tubuh sehingga sangat mudah untuk terinfeksi berbagai macam penyakit lainnya.

Sebelum memasuki fase AIDS, penderita terlebih dulu dinyatakan sebagai HIV Positif. Jumlah HIV Positif yang ada di masyarakat Aceh dapat diketahui melalui 3 metode, yaitu pada layanan Voluntary, Counseling dan Testing (VCT), Survey serta Survei Terpadu Biologis dan Perilaku (STBP).

HIV dapat ditularkan melalui hubungan seks, tranfusi darah, penggunaan jarum suntik yang bergantian dan penularan dari ibu ke anak (perinatal). Jumlah kasus baru HIV Positif yang dilaporkan pada tahun 2016 ada sebanyak 35 kasus, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya 29 kasus.[]

Advertisements
Advertisements

Bagikan ke teman anda!

77
19 shares, 77 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
8
Suka
Takjub Takjub
5
Takjub
Kaget Kaget
2
Kaget
Takut Takut
26
Takut
Lucu Lucu
24
Lucu
Sedih Sedih
18
Sedih
Marah Marah
16
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns