Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Ibu Milenial Kerap Terjebak dengan Kesalahan dan Kebiasaan Buruk Ini

HARIANACEH.co.id – Buah hati sudah tentu menjadi hal yang paling terutama bagi seorang ibu, apapun akan menjadi perhatian khusus untuk memberikan yang terbaik bagi mereka. Tak terkecuali para ibu milenial yang akrab dengan teknologi digital.

Psikolog dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo seperti dilansir Suara.com, mengatakan, ibu milenial memang selalu memiliki rasa keingintahuan yang besar dan mencari informasi yang diinginkan melalui bantuan internet. Rasa keingintahuan tersebut yang mendorong mereka untuk sering berbagi satu sama lain melalui platform media sosial.

Namun, lanjut Vera, bukan berarti mereka tak lepas dari kesalahan. Bahkan, karena kecenderungan informasi yang serba ada, mereka sering menganggap bisa melakukan segala hal sendirian.

“Kadang mereka terlalu pasang target sampai akhirnya justru menekan diri sendiri. Tidak mau bertanya dulu, khususnya sama orang lain, seperti ibu atau mertua. Sehingga ketika itu tidak tercapai, mereka stres minta ampun,” ungkapnya dalam acara yang dihelat Mothercare Indonesia #senangnyajadiibu di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Tak hanya itu, kata Vera, kebiasaan buruk atau kesalahan lain yang sering dilakukan oleh ibu milenial ialah mereka selalu berusaha jadi ibu yang sempurna dan merasa mengetahui segalanya tentang anak mereka. Sehingga tak merasa percaya pada oranglain.

Ibu milenial, kata dia juga sering merasa tidak siap jika sesuatu tidak sesuai dengan rencananya.

“Biasanya sudah disiapin semuanya, lahiran di rumah sakit mana dan dokter ini. Tapi saat hari H semua berubah total, efeknya mereka mengalami baby blues, post partum dan lainnya. Jadi sebenarnya, semua ibu, harus siap dengan kemungkinan lain yang terburuk,” ujar dia.

Untuk itu, agar hal-hal di atas tidak terjadi, Vera menekankan tentang pentingnya support system bagi setiap ibu baru, baik suami, keluarga terdekat maupun sahabat. Ini penting dan akan berpengaruh pada kesejahteraan mental ibu baru. Apalagi, lanjut dia, saat ini ibu milenial memiliki bisa menemukan komunitas sebagai support systemnya di media sosial.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya