.

Buka Lowongan Kerja, PT. PIM Harus Perhatikan dan Adil Dengan Universitas Malikussaleh

3 min


93
547 shares, 93 poin

HARIANACEH.co.id, Lhokseumawe – PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, diharapkan dapat berlaku adil kepada masyarakat lokal khususnya Universitas Malikussaleh, terutama terkait proses rekrutmen karyawan yang lebih mengistimewakan Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh dari pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di wilayah binaan perusahaan tersebut.

Seperti yang diketahui dalam surat Pengembangan SDM PT. PIM Nomor 328/TK 0101 tanggal 27 Maret 2018 terkait program Rekrutmen dan seleksi Tenaga Account Executive (AE) PT. PIM Tahun 2018, Carer Development Centre (CDC) Unsyiah diminta untuk mempersiapkan 30 orang lulusan terbaik dari Fakultas Pertanian selambat-lambatnya tanggal 09 April 2018 oleh PT. PIM.

Kali ini Pemuda Kota Lhokseumawe angkat bicara, Muhammad Agung Rezky Afonna mengatakan kepada HARIANACEH.co.id dalam keterangan tertulisnya, bahwa Unimal juga mempunyai CDC (Carer Development Center) sama halnya seperti Unsyiah, Agung sangat meyanyangkan bahwa proses rekrutment dan seleksi Tenaga Account Executive (AE) hanya di Unsyiah dan Unimal tidak dilibatkan dan ini menjadi pertanyaan besar baginya, ada apa dibalik deal yang dilakukan Unsyiah dan PT. PIM.

“Unimal juga mempunyai CDC sama halnya seperti Unsyiah, namun kenapa hanya Unsyiah saja yang menerima program Rekrutmen dan seleksi Tenaga Account Executive (AE) PT. PIM Tahun 2018 sedangkan Unimal tidak, Unimalkan satu kecamatan dengan wilayah operasi PT. PIM?, saya menduga jangan-jangan sudah ada deal di bawah tangan soal tender rekrutmen tenaga kerja ini dengan oknum di HRD PT. PIM?” tanya Agung, Kamis pagi (12/04/18).

Kata dia lagi, jika PT. PIM hanya meminta kepada CDC Unsyiah untuk menyiapkan 30 orang tenaga kerja sedangkan PTN di wilayah binaannya seperti Unimal tidak dilibatkan, PT. PIM cenderung tidak adil kepada Unimal.

“Alangkah baiknya Unimal juga dilibatkan dalam rekrutmen PT. PIM, bukan Unsyiah saja. Jika begitu, berarti PT. PIM Cenderung tidak adil kepada Unimal. Semestinya, PT. PIM harus memperhatikan dan adil kepada Unimal, apalagi Unimal terletak di satu kecamatan dengan PT. PIM yaitu Kecamatan Dewantara,” harap Agung yang juga merupakan Pengusaha Muda Kota Lhokseumawe.

Tambah dia lagi, bila Unimal ditelantarkan, ditakutkan akan terjadi gesekan-gesakan lain yang akan berdampak buruk untuk PT. PIM, selain citra baik PT. PIM menurun, bisa saja masyarakat lokal bersama mahasiswa Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara melakukan aksi protes pada PT. PIM untuk menuntut haknya, seperti yang diatur dalam UU No.12/2005 tentang Pengesahan Internasional Convenant on Civil and Political Rights pasal 25.

“Masyarakat sekarang sudah cerdas bisa saja mereka menuntut haknya seperti yang diatur dalam UU No.12/2005 Pasal 25 yang bunyinya, setiap warga negara harus mempunyai hak dan kesempatan, tanpa ada pembedaan apapun. Otomatis hal itu akan berdampak buruk bagi PT. PIM,” jelas Agung.

Agung juga berpendapat, PT. PIM akan lebih baik jika hak-hak masyarakat lokal dan lingkungan sekitar terus diperhatikan secara maksimal, baik melalui CSR ataupun melalalui instrumen lainnya.

“Dalam menjalankan perusahaan kita ingin berjalan lancar, perhatikan dan berbuat baik lah pada lingkungan sekitar agar tidak ada yang saling dirugikan,” harapnya.[]


Berikut di bawah ini isi pengumuman yang terbitkan CDC Unsyiah melalui situs resminya:

Rekrutmen Pegawai PT. PIM
Rekrutmen Pegawai PT. PIM melalui CDC Unsyiah. Screenshot

Rekrutmen Account Executive (AE) PT PIM

PT. Pupuk Iskandar Muda atau dengan nama lain PT PIM adalah anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang industri pupuk urea dan industri kimia lainnya, merupakan pabrik pupuk urea pertama di Indonesia yang dibangun oleh putra-putri Indonesia dengan kontraktor nasional PT Rekayasa Industri, sebagai proyek berskala besar pertama yang dipercayakan Pemerintah kepada kontraktor nasional. Penetapan lokasi pembangunan pabrik PT PIM di Lhokseumawe – Aceh Utara berdasarkan faktor kesediaan cadangan gas bumi sebagai sumber bahan baku, fasilitas water intake dan adanya sarana pelabuhan sebagai tempat bongkar muat peralatan pabrik, serta letak yang sangat strategis bagi tujuan negara ekspor.

Pembangunan Pabrik PIM-1 selesai tahun 1984 dengan total investasi sebesar US$ 308,4 juta, sedangkan Pabrik PIM-2 selesai dibangun pada tahun 2005 dengan total investasi sebesar US$ 310,2 juta.

Pabrik PT PIM terdiri dari :

  • Unit Pabrik Urea Prill (Pabrik Urea 1) dengan kapasitas produksi sebesar 570.000 ton/tahun, menggunakan teknologi Mitsui Toatsu Jepang.
  • Unit Pabrik Amonia (Pabrik Amonia 1) dengan kapasitas produksi sebesar 386.000 ton/tahun menggunakan teknologi Kellog Amerika.
  • Unit Pabrik Urea Granule (Pabrik Urea 2) dengan kapasitas produksi sebesar 570.000 ton/tahun, menggunakan teknologi Toyo Acces dari Jepang.
  • Unit Pabrik Amonia (Pabrik Amonia 2) dengan kapasitas produksi sebesar 396.000 ton/tahun menggunakan teknologi Kellog Amerika.

Sebagai trigger bisnis utama dalam bidang Petrokimia di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Arun – Lhokseumawe (KEKAL), PT PIM saat ini gencar melakukan pengembangan bisnis dengan startegi: Sistem Pengoperasian Unggul, Diversifikasi dan Hilirisasi Industri Petrokimia, Human Capital Development, Produk berkualitas dan inovatif dan menjadikan PIM sebagai Lokomotif Industri dan Ekonomi. Demi mewujudkan pencapaian tersebut PT PIM akan merekrut Account Executive (AE) dengan kualifikasi dan persyaratan yang telah ditentukan untuk bergerak dibidang pemasaran dan penjualan produk PT PIM.

Persyaratan dan Kelengkapan Berkas Administrasi Setiap pelamar WAJIB mengunggah dokumen berikut saat mengisi aplikasi lamaran online:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia maksimal 26 tahun, 0 (nol) hari pada 30 April 2018
  3. Jenis kelamin diutamakan laki-laki
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa program training (sertakan surat keterangan belum menikah dari kepala desa)
  5. IPK minimal: 3,00 (Akreditasi Program Studi A); 3,25 (Akreditasi Program Studi B)
  6. Bagi pelamar lulusan PTN atau PTS, akreditasi institusi dan program studi, disyaratkan memiliki akreditasi BAN-PT minimal B dibuktikan dengan surat keterangan akreditasi
  7. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan minimal TOEFL: 450 (sertakan sertifikat TOEFL dari lembaga yang diakui)
  8. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan kemampuan hubungan interpesonal yang baik
  9. Latar belakang pendidikan S1 Pertanian, jurusan/program studi: Agroteknologi, Agribisnis, dan Ilmu Tanah
  10. Surat berkelakukan baik/surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari kepolisian
  11. Surat keterangan bebas narkoba dan kesehatan dari rumah sakit pemerintah
  12. Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan, baik di dalam maupun luar negeri (download disini)
  13. Surat keterangan berdomisili saat ini
  14. Daftar riwayat hidup/Curriculum Vitae, Foto copy KTP dan Akte Kelahiran
  15. Foto copy ijazah terakhir serta transkrip nilai atau surat keterangan lulus (SKL) yang telah dilegalisir oleh instansi yang berwenang dan kursus-kursus yang pernah diikuti yang dibuktikan dengan sertifikat
  16. Upload pas photo terakhir pada sistem rekrutmen online CDC Unsyiah
    Kartu tanda pencari kerja dari Disnaker setempat.

Persyaratan lengkap untuk tiap posisi dan pendaftaran dapat dilakukan secara online pada halaman http://cdc.unsyiah.ac.id/rekrutmen/pt-pim

Batas penerimaan berkas lamaran sampai dengan 17 April 2018.

0/5 (0 Reviews)

Komentar


Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
0
Suka
Takjub Takjub
0
Takjub
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Gif
GIF format